Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Ramadhanku Tahun Ini

Posting Komentar
Sejak kuliah empat tahun terakhir, aku tak pernah melewatkan Ramadhan satu bulan penuh di rumah bersama keluarga (khususnya mama). Pada Ramadhan tahun 2010, aku baru masuk kuliah sehingga menjalani ospek dan awal perkuliahan di kampus saat bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan tahun 2011, sepertinya merupakan Ramadhanku terlama berada di rumah. Namun aku tetap ada ke Banjarbaru, untuk membayar SPP dan mengurus tetek bengek konsultasi KRS dengan dosen pembimbing.

Ramadhan tahun 2012, aku mengambil Program Alih Tahun (PAT) atau semester pendek untuk mengulang nilai satu mata kuliahku yang jeblok. Ramadhan tahun 2013 (tahun lalu), aku mulai mengerjakan proyek dosen dan melakukan uji pendahuluan skripsi. And then this year, aku kembali berkecimpung di laboratorium untuk mengerjakan penelitianku.

sahabatdarihati.blogspot.com

Selain kesamaan aku tak pernah full melewatkan Ramadhan di rumah, Ramadhanku tahun ini agak berat dari sisi psikologisku. Eaaa. Sedikit lebay jika kamu tidak mengetahui detailnya. Tapi percaya saja, Ramadhan sambil mengerjakan penelitian yang under pressure sama sekali tak ada damai-damainya.

Selain itu yang lebih berbeda untuk Ramadhan tahun ini aku lebih bersiap-siap dan memprogramkan diri untuk menyukseskan Ramadhanku. Setidaknya, dengan berada di kost aku lebih fokus ke dua hal: penelitian dan ibadah. Yup, "kebutuhan" ibadahku makin meningkat sekarang. Alhamdulillah. Maklum, udah tambah tua sepertinya. Hihi.

Dari jam 8 pagi hingga maksimal jam 4 sore aku berjibaku bersama bakteri dan fungi di lab. Malam hingga paginya, kumaksimalkan dengan ibadah khusus Ramadhan. Itupun rasanya waktuku masih kurang. Aku masih belum menemukan pola yang tepat, dimana seharusnya meletakkan waktu khusus untuk memperbaiki naskah proposal dan menyicil bab hasil serta pembahasan. Belum lagi proyek nulisku. Aaaaa…

betterwordforlife.blogspot.com

Dan yang paling beda, tentu saja jatah tidurku di Ramadhan tahun ini tidak semelimpah tahun-tahun sebelumnya, dengan sebegitu banyak targetku.

Ganbatte, Rindang!

#30HariNgeblogTemaRamadhan
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar