Friday, June 30, 2017

DIY Pencil Case

Sebenarnya aku sudah buat ini sejak lama, tapi baru sempat nulis. Waktu itu tanganku sedang gatal-gatalnya ingin berkreasi, khususnya menjahit. Proyek kali ini aku ingin membuat kotak pensil. Berikut tahapannya:

1. Buat pola
2. Gunting pola
3. Jahit pola
4. Jahit restleting















Wednesday, June 21, 2017

DIY Owl Patches





 

Tuesday, June 20, 2017

Tips Sukses Buka Bersama

Buka bersama merupakan fenomena tersendiri di bulan Ramadhan ini. Biasanya euforia ini terjadi pada minggu ke-3 dan ke-4 Ramadhan. Ada banyak orang memanfaatkan momen buka bersama ini untuk reuni dengan teman lama atau berkumpul bersama keluarga besar. Sayang dong kalau acara kumpul setahun sekali ini berlalu begitu saja tanpa kesan yang berarti.



Berikut ada beberapa tips ala aku agar acara buka bersama bisa sukses lancar jaya.

1. Pilih teman berbuka
Biasanya nih, ada beberapa jadwal berbuka yang bentrok satu sama lain. Misal, bukber bersama teman SMP hari dan tanggalnya berbarengan dengan acara bukber dengan teman sekantor. Saranku, lebih baik pilih berbuka dengan teman lama atau keluarga besar yang jarang bertemu daripada berbuka dengan orang-orang yang sekarang ini lebih sering kita temui.

2. Cari tempat yang tepat
Aku sendiri lebih senang berbuka di rumah makan yang tidak terlalu ramai agar tidak terdistraksi oleh keributan pengunjung lain. Juga jangan lupa untuk memilih rumah makan yang memiliki fasilitas mushala atau yang dekat masjid. Pilihan lainnya buka bersama dapat dilakukan di salah satu rumah peserta bukber, dijamin quality timenya jadi lebih berasa. Terutama jika peserta acaranya banyak, misal di atas 20 orang. 

3. Pertimbangkan untuk membawa pasangan/anak
Jika banyak yang membawa pasangan dan anak, silakan dibawa. Namun, jika tidak banyak yang bersama keluarga kecil mereka sebaiknya juga tidak membawa pasangan/anak agar saat acara kita jadi lebih khusyu', tidak sibuk berbicara berdua saja dengan pasangan atau bahkan rempong mengurus anak.



4. Datang lebih awal
Dengan datang lebih awal, waktu kita bisa jadi lebih banyak untuk mengobrol bersama para peserta bukber lainnya. Bandingkan jika kita datang mepet dengan waktu azan maghrib, tentunya waktu kita bercengkerama jadi lebih sedikit. Karena setelah berbuka, biasanya acara langsung bubar karena untuk shalat maghrib.

5. No gadget
Jauhkan smartphone dari tangan selama acara, kecuali untuk foto-foto. Maksimalkan waktu yang hanya setahun sekali tersebut untuk bersilaturahmi.

6. Ibadah tetap nomor satu
Jangan mengabaikan shalat maghrib saat acara bukber. Jika pun masih ingin melanjutkan kongkow-kongkownya lanjutkan setelah shalat isya atau tarawih agar waktunya lebih panjang.

Monday, June 19, 2017

Blogger sebagai Konten Kreator

Konten kreator akhir-akhir ini menjadi alternatif profesi yang mulai dilirik oleh banyak orang. Hal ini karena aktivitas harian zaman sekarang sangat erat kaitannya dengan dunia digital. Apa pun produk dari dunia digital, khususnya internet merupakan konten. Konten-konten tersebut dapat berupa tulisan, foto, video, musik, dan ragam bentuk lainnya.


Salah satu konten kreator yang mulai banyak bermunculan adalah bloger. Bloger dengan produk konten utamanya adalah tulisan menurutku adalah salah satu konten kreator yang sumbernya dapat dipercaya. Tidak banyak bloger yang melabeli diri mereka anonim, pun konten dari luar biasanya tercantum dengan jelas di postingan. Isi konten blognya juga banyak yang memberikan manfaat atau hiburan bagi pembacanya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar blogger menjadi seorang kreator konten yang sukses, yaitu:
1. Tema harus spesifik dan konsisten hanya membahas hal tersebut
2. Posting secara berkala dan konsisten
3. Orisinil, jika pun harus copast dengan menyebutkan sumber
4. Lakukan pendekatan personal agar orisinilitas terjaga
5. Tema yang dibahas dapat dikaitkan dengan kejadian yang sedang hits atau kekinian sehingga konten lebih fresh dan menarik untuk dibaca
6. Reliable atau terpercaya, dengan cara menulis fakta dan mencantumkan sumber yang jelas
7. Masukkan unsur entertaint dan/atau edukasi, maka para pembaca akan selalu menantikan update postingan di blog kita


Selain tulisan, sebenarnya bloger juga harus menguasai pembuatan konten lain seperti infografis dan video. Hal ini untuk menambah ketertarikan pembaca terhadap tulisan dan menghindari kebosanan pembaca. Aku sendiri masih nol besar dalam kedua keterampilan tersebut. Harus perlu banyak belajar nih dari bloger-bloger senior yang postingan mereka penuh warna dan tak membosankan meski panjang.

Hingga sekarang, peluang menjadi konten kreator khususnya bloger terlihat masih menjanjikan. Mengingat banyaknya kebutuhan netizen akan berita, informasi, atau bahkan hanya sekadar sharing pengalaman dari sebuah postingan blog. Harapan pribadiku sih, semoga bloger (tetap) menjadi konten kreator yang menjaga kredibilitas dalam menghasilkan konten. Dan semoga aku sendiri bisa konsisten bisa mengisi blog dengan konten bermanfaat sehingga juga layak disebut sebagai konten kreator. Hihi.


Sumber :
www.dedydahlan.com
www.misterway.wordpress.com

Monday, June 12, 2017

Hutan Kota Banjarbaru

Hutan Kota Banjarbaru akhir-akhir ini sedang booming sebagai tempat rekreasi di dalam Kota Banjarbaru. Letaknya tepat di sekitar area rumahku dulu, daerah Mentaos, hingga aku berusia 6 tahun. Nostalgia sekali rasanya ketika aku menginjakkan kaki ke kawasan rindang ini -ini pula lah yang menginspirasi papa dulu saat memberi nama padaku.


Bedanya, sekarang ada banyak hiasan di dalam area hutan. Selain jejeran pohon pinus, di kawasan ini terdapat gazebo, hiasan payung gantung, tanggui gantung, sarang burung, dan hammock. 


Waktu aku ke sana ada banyak orang di sana, mulai dari anak-anak hingga nenek-nenek. Fasilitas favorit anak-anak sih hammock, aku juga ngerasain berayun-ayun di sana. Asyik juga.


Sejauh pengamatanku, tempat rekreasi ini cukup menarik untuk didatangi bersama teman dan keluarga. Meski wilayahnya sedikit sempit untuk ukuran tempat rekreasi. Recomended deh buat kamu yang di Banjarbaru dan sekitarnya.













Barabai, Kota Apam

Berbicara mengenai Barabai, kota kecil yang menjadi tempat domisiliku sekarang tak lengkap rasanya untuk tidak membahas kuliner khasnya yaitu kue apam. Kue apam produksi Kota Barabai dikenal mempunyai tekstur lembut dan kenyal serta rasanya yang enak. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuatnya praktis dikonsumsi. Dalam satu bungkus daun pisang, terdapat 10 buah kue apam. Meski belum ada inovasi rasa ke arah yang modern, tapi kue apam khas Barabai memiliki 2 warna yang berbeda yaitu kuning dan putih tergantung gula yang digunakan. Aku sendiri lebih menyukai kue apam putih yang tanpa gula aren seperti apam yang berwarna kuning.

Source pict

Branding Barabai sebagai Kota Apam terkenal luas hingga ke seantero Provinsi Kalimantan Selatan. Rasanya tak lengkap datang ke Barabai tanpa membawa pulang kue apam. Pun bagi warga yang ke luar kota, kue apam adalah penganan wajib yang harus dibeli sebagai oleh-oleh. Sayang, hingga saat ini kue apam khas Barabai tidak bisa disimpan lebih dari 2 hari karena bahannya yang cepat berubah. Oleh karena itu, kue apam jarang bisa dibawa ke tempat yang jauh.
Selain kue apam, sebenarnya Barabai juga mempunyai kuliner khas lain seperti kue lam yang enak banget dan iwak pakasam, awetan ikan dengan beras yang digoreng.

Branding Kota Barabai sebagai Kota Apam kadang tersaingi dengan julukan Bumi Murakata. Julukan tersebut singkatan dari Mufakat, Rakat, Seiya-sekata yang merupakan semboyan dari Kota Barabai.  Di samping itu juga ada motto Berseri yang merupakan singkatan dari Bersih, Indah, Sehat, dan Rapi. Namun, motto ini menurutku tak berhasil menjadi branding kota ini karena tertutup oleh 'kebesaran' Murakata.

Dari segi tempat wisata, Barabai paling dikenal dengan objek wisata Pagat Batu Benawanya. Tempat wisata alam ini memang menyajikan lanskap alam lengkap berupa sungai, gua, dan bukit. Meski baru-baru ini sudah terdapat beberapa lokasi wisata tambahan seperti Air Terjun Tumaung dan Bukit Titi. Namun, tak dapat menggantikan Pagat sebagai branding wisata di Barabai.

Demikianlah branding Kota Barabai dari segi kuliner, semboyan, dan wisata. Dari ketiganya, julukan Kota Apam adalah yang paling familiar untuk merujuk Kota Barabai.

Jadi, kapan kamu mau ke Barabai?

Wednesday, June 7, 2017

Review 77 Mantra Meningkatkan Produktivitas Diri ala Miliarder

Aku tidak sengaja menemukan buku ini di rak toko buku. Boleh dibilang, membeli buku ini adalah keputusan impulsif. Judulnya yang sangat menjual dan isinya yang kelihatan enak dibaca membuatku rela merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan buku ini. Sempat-sempatnya pula aku googling untuk membaca review buku ini sebelum mengantonginya ke kasir.

Judul : 77 Mantra Meningkatkan Produktivitas Diri ala Miliarder
Penulis : Erlita Pratiwi
Penerbit : Grasindo
Tahun terbit : 2016

Seperti judulnya, buku ini berisi 77 buah mantra tips yang biasanya dilakukan oleh orang-orang sukses yang produktif dan kaya. Di setiap tips, terdapat satu miliarder yang dibahas kebiasaannya. Dilengkapi pula dengan penerapannya untuk kehidupan kita sehari-hari. Di akhir pembahasan terdapat satu quote yang merangkum seluruh penjelasan tentang tips tersebut. 

Ada banyak quote di dalam buku ini yang menginspirasi, ini salah satunya.

Singkirkan pikiran bahwa alasan satu-satunya bekerja adalah untuk mencari uang. Cobalah melihat pekerjaan sebagai kesempatan untuk belajar yang tidak dimiliki setiap orang (hal 92).

Bagiku pribadi, 77 mantra ini cukup ampuh. Aku hanya perlu membaca dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga aku dijauhkan dari virus malas yang biasanya menjadi penghalang bagiku untuk meningkatkan produktivitas. Salah satu mantra yang paling berkesan bagiku di buku ini adalah fokus dalam mengerjakan apapun. Aku jadi sadar bahwa prinsip multitasking yang biasanya kuagung-agungkan itu malah menjadi batu sandungan untuk menjadi produktif.

Sunday, June 4, 2017

Review Mei 2017

Mei yang penuh warna di tahun ini telah berlalu. Tiba saatnya bagiku untuk menuliskan kisah hidupku selama satu bulan tersebut. Ada beberapa hal menarik yang terjadi di bulan ini. Apa saja? Simak rangkumannya ya.

Keluarga

Papa dan adik pulang untuk cuti kerja di awal bulan Mei. Keduanya mengambil waktu berbarengan sehingga anggota keluarga kita bisa ngumpul sempurna. Di suatu tanggal merah, tepatnya tanggal 11 Mei kami mengadakan acara masak-masak dan makan bersama di rumah kakek. Ini ide adikku, kangen ngumpul bareng keluarga besar katanya. Duh, ramainya. Sedap sekali makan siang di bawah pepohonan di pekarangan belakang.

Keluarga Besar

Meski kebersamaan kami tidak lama karena sekitar seminggu setelahnya, papa harus kembali. Dan adikku juga habis masa cutinya tepat sebelum Ramadhan yang dimulai tanggal 27 Mei kemarin. Jadi, di awal Ramadhan ini keluarga kami kembali berpisah untuk sementara waktu. Semoga lebaran nanti bisa berkumpul lagi.

Pekerjaan

Pekerjaan di lab sedang banyak-banyaknya bulan Mei tadi. Demi ketenangan di bulan puasa, semua beban kerja kuhabiskan sebelum Ramadhan. Sehingga setelah kerja rodi, di awal Ramadhan tadi pekerjaanku hanya di depan meja. Di bulan Mei juga aku mendapatkan kesempatan untuk sampling ke 2 perusahaan. Pertama, tanggal 10 Mei ke sebuah perusahaan tambang yaitu Balangan Coal. Kedua, ke PT. Bumi Jaya sebuah pabrik karet di Kab. Tabalong pada tanggal 20 Mei.

Di PT. Bumi Jaya

Pada tanggal 17 Mei yang lalu, kantor mendakan inhouse training dengan tema Audit Internal. Jadi, kami menghabiskan waktu seharian penuh untuk mendengarkan materi dari narasumber yang didatangkan dari Banjarbaru. O iya, karena suatu alasan aku dan teman-teman sekantor di suatu malam 'diundang' Pak Bupati ke rumah dinasnya. Keren interiornya.  

Pelatihan Audit Internal

Interior Rumah Dinas Bupati

Kesehatan

Overall, kesehatanku di bulan Mei ini baik-baik saja. Namun, di akhir bulan alias awal Ramadhan kemarin aku kurang enak badan. Awalnya hanya sakit tenggorokan, lalu merembet menjadi flu, sakit kepala, dan puncaknya demam. Padahal waktu itu aku sedang di kantor. Oh oh oh, rasanya tidak enak sekali. Sampai di rumah, aku langsung minta kompres dan minum obat. Alhamdulillah, sekarang sudah baikan.

Kursus Menjahit

Di bulan Mei aku libur sebulan penuh. Bukan karena jadwalnya libur, tapi karena aku kebanyakan gaya. Sok sibuk. Hingga tiba Ramadhan, jadwalnya libur resmi dari yayasan. Aku tak bisa masuk kursus lagi hingga setelah lebaran nanti.

Buku

Ada beberapa buku yang kubaca bulan Mei. Sebagian telah kureview, sebagian yang lain masih dalam proses draft dan editing. Novel yang paling berkesan bagiku selama bulan Mei tadi adalah Critical Elevennya Ika Natassa. Keren.

Travelling

Di awal bulan, tepatnya tanggal 1 Mei. Aku bersama teman-teman seliqo jalan-jalan ke Bukit Palawan. Baca cerita lengkapnya di sini ya.

Blogging

Permohonan google adsenseku diterima! Tepat pada tanggal 23 Mei lalu. Aih, senangnya. Gak nyangka banget. Meski rupiahnya masih sedikit, tapi suatu kebanggaan kalau ada iklan dari GA bisa nongol di blog gratisanku. Yihaaa.

Email 'Cinta' dari GA

Frekuensi ngeblogku masih sama slownya. Jumlah postingan konsisten 11 tulisan per bulan. Senangnya lagi di LBI, akhir bulan tadi aku akhirnya bertahta di puncak klasemen lagi setelah lama tersingkir ke barisan tengah. Senang, senang, senang.

Demikian ceritaku di bulan Mei. Nantikan ceritaku di bulan-bulan selanjutnya ya. 

Mengenal Sekilas Keuangan Syariah

Keuangan syariah, istilah ini sedikit asing bagiku. Meski ternyata aku telah menggunakan produk dan jasa di bidang keuangan syariah, tetap saja aku perlu googling untuk mempelajari ‘permukaan’ ilmu keuangan syariah. Mengapa kubilang hanya permukaan? Kalau kukatakan ‘seluk beluk’, mungkin butuh waktu yang lama untuk memahaminya. Wong kalau di Fakultas Ekonomi, pembahasan tentang keuangan syariah ini bisa satu mata kuliah tersendiri atau bahkan satu jurusan khusus.

credit

Secara singkat, keuangan syariah dapat diartikan sebagai sistem keuangan yang tata caranya mengikuti syariat Islam. Ada beberapa ciri dari keuangan syariah ini, yaitu:
  1. Aktivitas perolehan dana sesuai syariat, artinya dana didapatkan dengan cara-cara yang halal seperti mudharabah, murabahah, dan musyarokah.
  2. Aktivitas perolehan aktivitas sesuai syariat, artinya transaksi dan investasi dana memperhatikan prinsip uang sebagai alat tukar, bukan uang sebagai barang jual-beli misalnya pada sistem riba.
  3. Aktivitas penggunaan dana sesuai syariat, artinya barang yang ditukar dengan uang memiliki manfaat, bukan barang haram atau barang konsumtif serta digunakan untuk hal-hal yang dianjurkan seperti sedekah dan zakat.


Ada banyak penyedia keuangan syariah di Indonesia, kita sebagai masyarakat awam sekarang bisa lebih leluasa dalam memilihnya. Dibandingkan dengan penyedia keuangan konvensional, penyedia keuangan syariah tentunya memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penggunanya. Penyedia keuangan syariah tersebut contohnya berupa bank syariah, asuransi syariah, dan gadai syariah.

Aku sendiri merupakan nasabah di sebuah bank syariah dan pernah menggunakan layanan gadai syariah. Sejauh ini, aku belum pernah mengalami masalah sih dalam menggunakan produk dan jasa mereka. Semoga keuangan syariah di Indonesia semakin maju, karena menurut sumber yang kubaca, sistem keuangan syariah ini dapat membantu memperkuat ekonomi umat Islam. Sehingga, meskipun kontribusi masing-masing dari kita kecil tapi bisa memberdayakan umat dengan cara sesuai syariat.

Sumber :
http://www.duniaislam.org/14/06/2015/mengenal-keuangan-syariah-dan-pengertian-perbankan-syariah/
 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates