Monday, May 8, 2017

Koneksi Internetku

Hidup di desa di ujung kabupaten membuatku sedikit susah bersentuhan dengan internet. Beruntung, tempat aktivitasku sehari-hari ada di kota kabupaten yang berjarak 17 km dari rumah. Hal ini memungkinkanku untuk mengecap koneksi internet lebih baik daripada jika hanya berdiam diri di rumah. Apalagi dengan adanya fasilitas wifi di kantor membuatku sangat bebas berselancar di dunia maya.


Lalu, apakah jika di rumah aku tak bisa internetan? Jawabannya adalah bisa, tapi dengan kecepatan terbatas, jika tak boleh kusebut lelet. Untuk menunjang kebutuhan internetku saat di rumah, aku menggunakan kartu dari operator Indosat Oredoo. Tak ada pilihan lain, karena hanya provider tersebut yang paling memungkinkan untuk digunakan di pelosok kampungku. Bahkan, jawara sinyal  telepon dan sms di Telkomsel pun kalah. Mau tak mau, Indosat Oredoo pun menjadi pilihan favoritku. Sinyal internetnya sendiri sebenarnya kadang lancar dan sering ngadat. Namun, apa daya. Lelet atau tidak sama sekali.

Hal inilah yang menyebabkan aku tak bisa aktif selama 24 jam dalam bermedia sosial. Ngeselin juga kadang, kalau ada kabar penting dan aku terlambat mengetahui hanya karena pesan telat masuk. Oleh karena itu, menurutku tantangan koneksi internet zaman sekarang ada pada kecepatan koneksinya. Semakin cepat koneksi internet maka pengguna pun akan semakin terbantu dan tentunya tak segan untuk memilih operator yang sama di kemudian bulan.

Berbicara tentang jaringan tercepat, saat ini 4G LTE mungkin adalah rajanya. Dan aku belum terlalu melek dengan hal itu. Karena di androidku sendiri jaringan yang paling sering muncul adalah Edge dan HSPA+. Artinya jaringan yang kugunakan hanya lebih cepat sedikit daripada generasi ke-3 (3G).
Ada barang ada harga. Istilah tersebut tepat rasanya dilekatkan pada operator dan kecepatan layanannya. Kartu internet yang kugunakan adalah Indosat Oredoo 3gb untuk 3 bulan seharga 50 ribu rupiah. Meski seringnya hanya tersisa masa aktif 2 bulan setelah kubeli. Kadang, hal tersebut membuatku kesal sehingga sempat membuatku ngomel panjang lebar di beranda facebook.

Maaf, nyampah 😅

Meski kalau dihitung-hitung, paket internetku tersebut masih terbilang murah. Jika dibagi rata 50 ribu untuk 2 bulan, maka biaya internetku tidak sampai seribu rupiah perhari. Ini mungkin karena kemiskinnya sinyal di rumah sehingga membuatku malas untuk sering-sering internetan dan karena aku ada pemanfaat wifi kantor yang baik. Hehe. Kalau disuruh milih sih, selama jaringannya masih memungkinkan aku lebih suka bayar lebih mahal asal koneksi internetnya lancar.

Itu ceritaku tentang koneksi internet yang selama ini kugunakan untuk ngeblog, medsos, dan aplikasi-aplikasi penting lainnya. Kalau ceritamu?

22 comments:

Zaitun Hakimiah NS said...

Nasib kita sama mbak. Internet lancar klo pas di kantor doang. Klo di rumah, sinyal ilang2an. Batere hape juga jadi cepet boros. Nasib hidup di desa ya kayak gitu. Wkwkwk

kadang kesel sih, tapi kadang merasa hidup jadi lebih damai tanpa koneksi internet :)

Afrianti Eka Pratiwi said...

Murah bener 50 ribu buat 2 bulan :O

Liza Fathia said...

akupun tinggal di desa mbak dengan internet pas pasan. tapi syukurnya di kantorku ada speedy jadi kalo jam istirahat bisa numpang wifi untuk ngenet

zarirah achmad said...

Mbak 3gb untuk 2 bulan masih sisa? Aku bisa abis dalam waktu 2 hari mbak! ahahahahah
Dipake nonton youtube aja mbak hehehe (salah sih sarannya, masalahnya karena masa aktif yang sesuai sama yang tertera di kartu)
Kalau boleh tau di daerah mana mbak tinggalnya?

Timo said...

Aku jd inget pas jalan2 ke pulau, plg banter koneksi internet itu H+, jd ya drpd ga ada, ya lambat tetep dipake krn emang lg butuh huehe

Lendy Kurnia Reny said...

Indosat mahal sekarang yaaa....
Jaman dulu, ia paling reasonable hargaanya.

Jadi aku beralih provider kalo untuk sambungan internet.
Hiihii...

Belum lagi berlaku kuota di jam tertentu.

Tapi untuk coverage, Indosat mumpuni laah...saluuutt juga Rindang bisa bertahan dengan kuota mungil gitu.
Gak tergoda streaming...?

tomi said...

saya dulu jg pake indosat ooreedoo mba.. apalagi ada paket Combo M yang cuma 59rb dapat 12 Gb..
Tapi sekarang udah beralih ke provider 1 angka. Soalnya lebih murah 40rb dapat 30GB hehehe

William Giovanni said...

Kalau saya pengguna Indosat "spesialis" paket promo. Kebetulan dapat paket Freedoom L cuma 50ribu sebulan, lumayan bagus juga koneksi 4Gnya.

Perempuan November said...

aku saat ini pakai modem smartfren mbak, kecepatannya ya lumayan lah dibanding yang lain. tapi untuk 4G LTE masih bolt yang paling kenceng menurutku, cuma sayang kemarin modem boltku rusak, pas bertepatan dapat wifi modem smartfren. sejauh ini belum mengecewakan sih.

tapi memang internet cepat itu makan quota banget loh. pas pakai bolt, 1 gb palingan cuma tahan 3 hari :D

Gilang Maulani said...

Ebuset, 3Gb dalam 2 bulan masih sisa mba? Hihi. Aku mana cukup xixixi. Seminggu dua minggu juga ludes. Apalagi kalau nengokin instagram sama youtube terus *yaampun boros banget

@unggulcenter said...

wow dulu aku pakai inet indosat ooredoo 12 GB perbulan abis duit 150ribuan.. skrg sih ada data rollover jadi enak. Cuman aku lum pake dulu, masih pake XL di bilik sebelah. Layanannya ternyata lumayan bagus n jaringannya juga luas. Ya, kuda hitam lah diantara si indosat dan si telkomsel hehe.. adem makenya. Mungkin nanti taun depan nyoba lagi pake indosat sudah ada perbaikan layanan sprt apa

andhikamppp said...

Oh sama donk. Saya juga pake wifi kantor untuk aktivitas yg menyedot banyak kuota

Tapi kalau iseng iseng biasa. Saya oame tsel.

Emm.. Mahal dikit. Tapi kadung pake nomornya udh lama

Jiah Al Jafara said...

Aku jg pakai dan kalau mau inyernetan kudu jongkok di belakang rumah. Pas ke kota sih santai krn udah ada sinyalnya. Dan utk masa aktif kartu, rata2 emang udah aktif. Msh mending yg 3 bulan sisa 2 bulan. Dulu ada tuh yg masa aktif sebulan tp dipakai seminggu udah hbis masa aktifnya. Aku sampai disemprot yg beli, ahahaha #Pegawaikonter

Perempuan Unik said...

Saya jg tinggal di kampung. Ngerasain bgt susahnya dapat sinyal. Tp kalau internet aktif terus, gak bakal berhenti pegang itu hp

Tukang Jalan Jajan said...

wah.... 50ribu sebulan ya kak, hemat banget yah. diriku masih pake internet kantor klo lagi kerja tapi pemakaian internet bisa tembus rata-rata 200rb perbulan. entah dibuat apa aja. pokoknya abis puluhan giga sebulan heheh

refika artari said...

tapi keren ya, walau internet krg lancar, rindang ttp produktif ngeblognya..

aku di jakarta lancar tp ya itu kadang masih males malesan jg bersocmed ria

Nabela Aprilia said...

50 ribu buat dua bulan? aku pake Telkomsel jauh di atas itu. huhu...
bete banget pasti ya mbak kalo koneksi internet lagi gak lancar.
Aku yg di kantor dan rumah pakai wifi aja, kalo ada gangguan sedikit aja langsung uring"an huhu :(

Mahadewi Sugiastuti Shaleh said...

Aku kebetulan pake si Merah yang depannya T, dari lama banget sih dari sejak A* sampe sekarang KartuH*LO. Gara2nya saya suka jalan ke kampung nenek dan kakek dan di sana sinyalnya selain si merah ini lemah banget. Tapi Emang mahal... Huhu.. untungnya di rumah ada wifi jadi cuma kepake pas ke luar rumah aja sih. Hehehe

ira duniabiza said...

wohooo 50 ribu dua bulan mahhhh bangeetttt murahnya. Iya mba, apalah artinya kita tanpa sinyal internet ya. Untung sekarang ada banyak pilihannn...

Ririe Khayan said...

50 ribu dua bulan punyanya OOredoo? BUkannya paketan Ooredoo itu masa aktifnya 1 bulan ya? Iya sih, skrg ada model akumulatif, jadi sisa kuota sebelumnya tidak hangus (better dr sebelumnya yg hangus sesuai masa aktif). Saat awal 2017 ini, aku juga dftr paket indosat yang lg promo, harga 39.900 masa aktif sebulan. Pas 3 bulan berlalu, paket data dgn harga tsb sdh tdk tersedia, kata CSnya hrs upgrade ke paket lain (lbh mahal) dengan kuota lbh sedikit padahal. Paket yg aku ambil sebelumnya hanya berlaku 3 bulan saja katanya. Hiks.

Dikki Cantona Putra said...

Makin kesini harga paketan jauh lebih murah dan kuotanya sudah lebih besar lagi ketimbang jaman dulu yang harga paketannya mahal banget haha. Tapi jujur sebulan ku hbiskan uang 200ribu hanya untuk paketan aja loh haha

PAk RUDI DI SEMARANG said...
This comment has been removed by a blog administrator.
 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates