Tuesday, May 30, 2017

Genggam Mimpimu, Semesta Pasti Mendukungmu!

When you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it.

Ungkapan tersebut benar-benar pas untuk menggambarkan buku ini. Selain karena terjemahannya persis seperti judul buku ini, isinya pun menceritakan perjuangan beberapa pemuda Indonesia untuk meraih mimpinya ke luar negeri. Judul buku ini pulalah yang memikatku saat perhelatan book fair beberapa bulan lalu, hanya saja aku baru sempat membacanya sekarang. 

Judul : Genggam Mimpimu, Semesta Pasti Mendukungmu!
Penulis : Zamzami Elriza dkk
Penerbit : Diva Press
Tahun terbit : 2015

Buku yang ditulis secara keroyokan oleh 9 pemuda Indonesia ini mampu menyadarkanku kembali akan impianku menjelajah dunia. Bahwa tidak ada yang tidak mungkin selama kita masih mau berusaha, aku percaya itu. Aku sangat terkesan dengan cerita-cerita yang terdapat di dalam buku ini. Cerita pembuka ditulis oleh Zamzami Elriza yang berjudul Keajaiban-keajaiban Kecil di Negara Besar. Ia berhasil mendapatkan kesempatan berkuliah di Negeri Paman Sam selama setahun dan mendapatkan pengalaman menjelajahi beberapa kota besar di US. Latar belakang pendidikan jurnalisme membuat cerita Zamzami begitu hidup seperti sebuah berita yang ditulis dengan runtut.

Ada cerita pula yang menarik perhatianku yaitu pengalaman seorang Waskito Jati yang berkesempatan training ke Ghana, sebuah negara di Afrika Barat. Ia menemukan sejarah yang terlupakan dan menguak misteri hubungan antara Indonesia dan Afrika yang telah menghantuinya sejak 6 tahun sebelumnya. Selain dua cerita tersebut, ada tujuh cerita lainnya yang menginspirasiku agar tetap mempertahankan mimpi ke luar negeri dengan mengikuti seleksi beasiswa atau training sesuai bidang keilmuanku.

Dari segi bahasa dan penulisan, buku ini hampir tak ada cela. Karena mungkin setiap penulis sudah melewati tahapan seleksi saat mengumpulkan karyanya. Namun, perbedaan karakter setiap penulis terasa nyata pada setiap cerita. Pokoknya buku ini recomended bagi para scholarship hunter dan pejuang traveller.

1 comments:

Christanty Putriarty said...

Waah mimpi yang sama denganku mbaa kepengin juga keluar negeri namun beserta keluarga tercintašŸ˜‰

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates