Friday, February 3, 2017

Review Januari 2017

Hai, halo semuanya. Selamat memasuki bulan Februari tahun ini. Tak terasa satu purnama telah berlalu setelah gegap gempita perayaan tahun baru. Time fly so fast, huh?

Kali ini aku akan mencoba merangkum sedikit bagian dari hidupku yang ingin kubagikan selama bulan Januari 2017. Ini sama sekali bukan pencapaian ya, hanya semacam kilas balik atau review kehidupanku sendiri. Tujuan utama aku menulis ini adalah sebagai bentuk catatan hidup untuk diriku sendiri.

Keluarga

Kumulai cerita di awal tahun ini dengan cerita keluarga. Alhamdulillah, sejak awal tahun lalu adikku resmi bekerja di perusahaan impiannya. Sejak lulus kuliah Agustus lalu, dia telah melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan sesuai jurusan kuliahnya. Alhamdulillah, setelah melewati beberapa kali test ia lulus di perusahaan yang paling diincarnya. Kami sekeluarga senang dong, meski rumah jadi sepi lagi karenanya. Dengan jarak tempuh 10 jam dari rumah ke tempat kerja, tentunya dia harus kost di dekat perusahaan. Sekarang baru bisa pulkam sekitar 3 bulan sekali. Kerja bae-bae ya dek.

Selama bulan Januari kemarin, tidak ada acara ngumpul-ngumpul dengan keluarga besar dari pihak mama. Kehidupan karir kembali merenggut kami dari forum silaturahmi. Terakhir itu kita ngumpul waktu malam tahun baru.

Oya, nini dari pihak papa yang tinggal di sebelah rumah ikut uwa ke Samarinda karena beliau sakit-sakitan. Selama ini yang telaten dan disenangi nini dalam mengurus beliau adalah uwa dari Samarinda. Alhamdulillah, beliau mau diajak ke sana setelah sebelumnya uwa berada di sini selama satu bulan. Eh, di kampungku sekarang sedang musim rambutan. Di depan rumah nenek dan rumahku bertebaran buah rambutan yang sudah matang di pohonnya. Ranum-ranum warnanya. 

Pekerjaan

Ini yang membuat hari-hariku di Januari 2017 menjadi sedikit sibuk. Selama 5 hari dalam seminggu aku dan teman-teman di kantor disibukkan oleh persiapan survailan (asessment tahunan yang dilaksanakan untuk memperbaharui status akreditasi) yang akan diadakan di akhir Februari 2017. Aku sendiri masih dalam tahap belajar. Aku hanya bertindak sebagai bala bantuan di samping para penyelia dan manajer teknis dan manajemen. Posisiku sebagai analis jelas harus lebih fokus mengerjakan sampel yang berdatangan. Alhamdulillah jumlahnya tidak terlalu banyak bulan ini. Jadi aku bisa sedikit fokus menganalisis data validasi dan verifikasi yang sudah didapat oleh seorang seniorku.

Travelling

Bulan ini aku belum ada jalan kemana-mana. Paling jauh jangkauan langkahku bulan ini adalah ke Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong. Itu pun dalam rangka mengambil sampel air dan udara ke dua klien sekaligus. Lumayanlah mengganti pemandangan kantor yang itu-itu saja.

Lokasi perusahaan kayu tempat pengambilan sampel

Pengobatan

Alhamdulillah, proses pengobatan penyakit TB kelenjarku lancar. Selama 4 minggu berturut-turut, pas hari Sabtu (dimana satu-satunya hari Puskesmas buka dan aku libur), aku mendatangi puskesmas untuk mengambil obat OAT. Tanggal 28 pas Imlek kemarin aku tidak bisa ke sana karena tanggal merah. Namun, karena sudah kuperkirakan sebelumnya dan stok obatnya masih mencukupi jadi aku tidak perlu khawatir.

Kursus Menjahit

Bagian ini sepertinya yang perlu dievaluasi. Aku selalu malas berangkat kursus menjahit, karena jadwalnya pas weekend yang notabene adalah waktu berlibur. Biasanya yang membuatku tidak jadi berangkat adalah rasa ngantuk yang luar biasa di siang  hari setelah makan, tepat dimana jadwal kursus dilaksanakan. Aku harus lebih banyak memotivasi diri. Meski jarak tempuh ke tempat kursus lumayan jauh, 17 km, aku harus tetap bersemangat agar program kursusku cepat selesai dan aku bisa fokus pada program lain di weekend-weekend selanjutnya. Selama bulan Januari, aku hanya masuk kursus sebanyak 4 kali dari yang seharusnya 8 kali.

Buku

Ada sekitar 5 buku yang on going kubaca. Iya, aku bisa begitu. Baca buku loncat-loncat sesuka hati. Mumpung stok buku unread masih ada, sisa tahun kemarin. Hehe. Baru ada 2 buku cetak yang kuselesaikan dan belum ada yang kubikin reviewnya. Namun, sudah ada 1 ebook yang kubaca dan kuresensi karena mau ikut lomba. Haha.

credit

Blogging

Alhamdulillah, sepanjang Januari karir ngeblogku lancar jaya. Aku ikut kompetisi Liga Blogger Indonesia (LBI) tahun ini yang tandingnya per minggu. Alhamdulillah hingga akhir bulan kemarin, aku selalu berhasil memenuhi tantangan dari panitia. Selain LBI, yang memacu semangatku ngeblog adalah lomba-lomba. Baru ada 3 lomba menulis yang kuikuti. Sudah ada 2 pengumuman, di satu lomba aku menang hadiah hiburan berupa kaso dan satunya lagi zonk. Hiks. Oya, pola posting blogku mulai terjadwal yaitu 3 kali seminggu. Selasa posting tema travelling, Kamis posting tema bebas, dan hari Minggu posting tema tantangan LBI. Semoga istiqamah ya.

Alhamdulillah, aku di peringkat 3 hingga klasemen terakhir

Edit Naskah

Ada yang baru di Januari 2017. Kali ini aku berkesempatan untuk mengedit naskah kumpulan cerpen sebuah penerbit indie. Yeaay, aku senang sekali. Aku jadi harus lebih banyak belajar ilmu baru di samping ilmu dasar yang kumiliki sekarang tentang editing naskah. Alhamdulillah, feenya pun lumayan. Hihi.

Yup, itu tadi review kehidupanku selama Januari 2017. Semoga bulan-bulan selanjutnya aku bisa lebih produktif dalam memanajemen waktu. Aamiin.

26 comments:

Dian Ravi said...

Wahhhh bulan Januari nya produktif banget. Semangat terus ya, Mbak.
Kasus buku sama ma aku, beberapa menclak menclok ga ada yang selesai kecuali si ebook itu.

Adi Setiadi said...

Semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh keberkahan, selamat atas pencapaiannya..Eh itu perusahaan kayu ya?

Tukang Jalan Jajan said...

Efektif sekali kegiatannya ya mbak. Semoga lancar terus pekerjaannya dan sehat selalu. Lancaaaaar jayaaaaaa semuanya

Nurul Fitri Fatkhani said...

Di setiap waktu pasti ada cerita yang asyik untuk dikenang ya...

Tira Soekardi said...

wah ada reviewnya buat evaluasi diri

Cindra Prasasti said...

Alhamdulillah ya mbak.. Masih diberika kesibukan, kesehatan dan kepercayaan.

Rach Alida Bahaweres said...

Mba, semoga pengobatan kesehatan benar-benar tuntas dan selalu dberikan kesehatan ya :). Seru juga kalau setiap bulan ada catatan seperti ini

ben benavita said...

wahh, ikutan lbi. aku belum kesampean ikutan lbi. pengen sih.
hahahah. malah fokus ke yg lain :))

April Hamsa said...

Keren eui prestasinya di Liga Blogger :D
Aku msh blm bisa konsisten mengisi konten di blog.
Review2nya keren mbk, moga tahun ini pencapaiannya lbh baik lg ya :D

Liza Fathia said...

Januari yang sangat produktif ya mbak, selamat untuk adiknya mbak dan alhamdulillah berarti tgl 2 bulan lagi pengobatan TB kelenjar ya mbak. Semangat ya.

Pertiwi Yuliana said...

Waaaaa aku pengin banget ikutan kursus menjahit. Mama suka jahit dari dulu. Aku juga suka, tapi cuma jahit tangan, mau bisa pakai mesin kayak mama. Tapi sayangnya, mesin punya mama udah dijual sejak entah tahun kapan heu. :(
Mbak aktif banget bloggingnya yaa, mau juga. Aku satu kali post seminggu aja udah alhamdulillah banget hehehe

Muhammad Syafii said...

Hmmm januari waktuku cuma malas2an. Males baca buku, males nulis juga (sebenernya) Kalo bukan karena deadline. Dan baru Kali ini nulis dikejar deadline :))

Rindang Yuliani said...

Toss dulu kalo gitu Mbak Dian. Hihi

Rindang Yuliani said...

Iya Mas Adi, itu perusahaan kayu.

Rindang Yuliani said...

Aamiin aamiin aamiin.

Rindang Yuliani said...

Benar sekali, Mbak Nurul.

Rindang Yuliani said...

Iya Mbak. Semoga bisa rutin saya lakukan.

Rindang Yuliani said...

Nah, ini. Alhamdulillah.

Rindang Yuliani said...

Aamiin, terima kasih banyak ya Mbak Alida atas doanya.

Rindang Yuliani said...

LBI tahun depan menanti Mbak Bena sebagai peserta 😊

Rindang Yuliani said...

Aamiin. Semoga Mbak April juga ya.

Rindang Yuliani said...

Wah ada Bu Dokter. Terima kasih Mbak atas semangatnya.

Rindang Yuliani said...

Masih belajar juga ini Mbak Tiwi (menjahit dan bloggingnya). Semoga bisa konsisten. Ayokk daftar ke kursus menjahit dulu, masalah mesinnya nanti pasti bakal punya sendiri kalau diniati. Hihi

Rindang Yuliani said...

Deadline kadang bermanfaat juga buat memicu produktivitas. Hehe

Murni Rosa said...

Wah, agenda januarinya padat sekali! Jempol deh buat Mba Rindang.
Ayo, jahitnya lanjut, yaa!!! Haha.. Kasih semangat dari jauh.

Rindang Yuliani said...

Wuaaah terima kasih banyak Mbak Murni Rosa atas semangatnya 😊

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates