Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Tren Konten Blog 2017

44 komentar
Dunia per-blogging-an sekarang makin eksis saja. Ada banyak pihak yang mempercayakan pemasaran produknya kepada para bloger. Tak ketinggalan, para bloger pun berlomba-lomba mengisi blognya dengan konten yang paling banyak dicari orang agar page view blognya meningkat. Menurut pengamatanku ada beberapa konten blog yang akan menjadi tren pada tahun 2017 ini, yaitu:

  
Catatan Perjalanan

Ya, ada begitu banyak orang yang menuliskan catatan perjalanannya di blog sekarang ini. Pengalaman saat travelling ke suatu tempat seringkali berkesan bagi seseorang dan rasanya sayang jika tidak diabadikan lewat tulisan. Sudah sejak beberapa tahun terakhir catatan perjalanan menghiasi banyak postingan blog tanpa niche alias lifestyle blog. Jangan ditanya kalau si empunya blog adalah travel blogger, setiap konten blognya pasti berisi tentang catatan perjalanannya ke suatu objek wisata, sebuah kota, atau tempat yang baru diexplore. Konten ini tentunya ajuga dilengkapi oleh foto-foto perjalanan atau bahkan vlog pendek di beberapa spot wisata.

Aku sendiri sering menulis catatan perjalanan untuk mengisi blogku. Rasanya perjalanan tak akan lengkap jika ceritanya tidak dibagikan lewat tulisan. Di postingan tersebut biasanya kumasukkan detail alamat, berapa biaya tiket masuk, fasilitas yang ditawarkan, dan waktu terbaik berkunjung ke sana. Bagi para pembaca sendiri, catatan perjalanan ini sangat berguna sebagai tambahan informasi sebelum mengunjungi tempat yang sama. Aku yakin di tahun 2017 konten blog berupa catatan perjalanan ini masih menjadi tren yang ditulis oleh para bloger dan banyak dicari oleh para traveller.

Review Kuliner

Semakin banyak rumah makan, kafe, dan bentuk tempat nongkrong lainnya maka semakin marak juga postingan blog yang berisi mengenai review menu makanan dan tempat makan itu sendiri. Menu yang direview biasanya adalah menu unggulan di tempat makan tersebut. Ulasan mengenai makanan biasanya seputar rasa, cara penyajian, hingga harga. Tak ketinggalan, tempat makannya pun diulas sebagai pelengkap informasi seperti alamat, desain interior, dekorasi ruangan, hingga fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh tempat makan tersebut. Konten seperti ini adalah postingan wajib bagi para food blogger. Kuprediksi konten bertema kuliner masih mendominasi banyak blog pada tahun 2017 ini.

Bagi para pembaca, review kuliner seperti ini sangat membantu mereka untuk menambah informasi ketika ingin mencicipi menu serupa atau ingin nongkrong di tempat yang sama. Tak ketinggalan, review tersebut juga dilengkapi dengan foto-foto makanan, ruangan, dan selfie si empunya blog. Membaca konten jenis ini dapat menerbitkan air liur karena foto-foto makanannya yang menggugah selera. Aku sendiri tidak pernah secara khusus mengulas sebuah tempat makan dan menunya sebagai postingan. Biasanya, ulasan kuliner hanya sekadar pelengkap di postingan bertema travelling di blogku.

credit

Tutorial dan Tips

Pada akhir 2016 lalu, blog mulai ramai dengan konten yang berisi toturial dan tips. Artikel mengenai how to do something ini sepertinya masih akan berjaya di tahun 2017 ini. Bagi para lifestyle blogger, konten yang bersifat toturial dan tips adalah hal yang menarik untuk ditulis. Selain itu, ada banyak kalangan yang menggemari artikel jenis ini. Sehingga mungkin saja konten tutorial dan tips ini dapat membawa sebuah blog pada halaman pertama di mesin pencari. Hal ini tentu saja menjadi impian sebagian besar bloger. Aku sendiri pernah beberapa kali menulis tentang tutorial dan tips yang kumasukkan ke dalam label Lifestyle, karena isinya memang tentang tips seputar kehidupan sehari-hari.

Tiga konten di atas adalah konten-konten yang kuyakini akan meramaikan dunia maya, khususnya blog di tahun 2017. Ketiga jenis konten tersebut kupilih berdasarkan hasil blogwalking ke banyak blog di awal tahun ini dan sedikit kilas balik bagaimana tren konten selama akhir tahun 2016 yang lalu.


Jadi, kamu ingin menulis apa?
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

44 komentar

  1. Bener bgt, aku juga klo traveling sayang bgt klo gk jadi bahan buat nulis di blog.

    Semangat ngeblignya..

    BalasHapus
  2. Wah gitu, ya. Mantab ulasannya bisa jadi referensi menulis.

    BalasHapus
  3. Travel aja..lebih menyenangkan dan ringan..

    BalasHapus
  4. Saya ingin menulis apa saja yang bisa diulis karena 2017 ini masih belum bisa (juga) fokus utk memberdayaan blog ber niche

    BalasHapus
  5. Paling suka baca artikel tutorial masak-masak. Sekarang ditambah tren konten video makin gampang ngikutinnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih, kalau masak memang paling pas bikin konten video.

      Hapus
  6. yup bener sekali bahwa traveling akan menjadi bahan tulisan yang banyak dicari, liat saja iklan di tv bagaimana maskapai penerbangan dan jasa penginapan berlomba-lomba untuk menarik appeal banyak masyarakat. Sayang udah gak bisa jalan jauh lagi, padahal ini adalah momentum yang pas untuk dapetin penghasilan di Internet.

    kalau topik tutorial, ane rasa sih gak ada matinya karena hampir semua yang bikin blog pasti ada bikin tutorialnya,

    BalasHapus
  7. Bener, nih. kalau aku sih tetep mau nulis semauku aja. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus juga Mbak Din. Salah satu cara bahagia adlh menulis apapun yang ada di dalam pikiran kita.

      Hapus
  8. tulisan tentang tutorial tidak ada matinya. sekarang banyak hal bukan lagi bagaimana menemukan sesuatu tetapi bagaimana keterampilan dalam googling. hehe

    BalasHapus
  9. Selama ini, saya memang sering posting tentang travelling dan ulasan kuliner, ditambah tentang parenting juga :)
    Kalau tutorial baru beberapa, tapi udah ada rencana untuk menulis tentang itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih, konten blognya tren semua dong Mbak Nurul. Hehe

      Hapus
  10. Kayaknya blogku gak masuk tiga-tiganya hwaaaaaa :(
    Tahun 2017 ini rencananya blogku mau kupenuhi dengan tulisan review buku, lagu, dan film. Bukan kuliner, soalnya aku gak doyan-doyan banget makan anaknya hahaha kalo makan juga gak aneh-aneh, standar aja. Jadi gak ada yang bisa ku-review wkwkwk
    Kalo travel, ada sih tulisan-tulisan di blog yang mau dilabelin travel. Tapi gak serta merta jadi travel blogger muehehe
    Kalo tutoral dan tips hem... Bisa jadi, sih. Cuma kalo untuk sebulan ini belum ada post yang arahnya ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat Mbak Tiwi. Tulis sesuai passion masing2 saja. Dan juga tentunya sesuai niche blog.

      Hapus
  11. Kuliner dan traveling memang sudah jadi gaya hidup yg lagi trend sekarang ya, Mbak.. :)

    BalasHapus
  12. 3 topik di atas 2016 juga lagi ngehits, sepertinya tahun ini tentang travel juga makin banyak pemainnya, soalnya pemerintah juga promosi wisata luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian mendukung usaha pemerintah ya Mas Sandi.

      Hapus
  13. WAKAKAKAKAKAKKAKA.
    KETIGANYA CONTENT BLOG BENAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Mbak Ben yg tukang jalan, makan, dan tidur.

      Hapus
  14. Aku nulis dokumen kegiatan😂😂menceritakan kembali event2 yang pernah aku hadiri yang mungkin menyangkut ketiga hal diatas yang kemungkinan akan menjadi tren di 2017 ini hehe.
    Semakin banyak travel and food blogger di 2016. Apakah 2017 juga akan semakin banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan di 2017 food and travel masih banyak dibahas di blog. Karena keduanya sdh jd gaya hidup sebagian orang zaman skrg Mbak.

      Hapus
  15. Wah review kuliner? Pas lg mau bikin blog khusus food :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihhh. Nanti saya blogwalking ke sana ya Mbak April.

      Hapus
  16. tiga kategori tulisan di atas emang selalu banyak pembacanya ya mba, tahun 2017 bakal lebih banyak lagi tulisan-tulisan tentang review, traveling dan tutorial

    BalasHapus
  17. blog q isinya campur mbak, nulis sesuka hati. cuma karena kebetulan daku suka jalan-jalan dan kulineran, jadi lumayan sering posting tentang itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku paling suka baca cerita travellingnya Mbak diah di blog.

      Hapus
  18. Aku mau nulis sesuati yang aku sukai aja di tahun 2017 nanti hehehe.
    Nah iya kayanya tulisan tema wisata deh yang akan booming

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Ajen, nulis sesuka hati biasanya lebih ngalir.

      Hapus
  19. Nulis kalau ada rewardnya *sah2 saja*, terlebih nulis karena pengalaman pribadi biasanya gaya penulisan suka beda ya kan.. intinya jika mau nulis saat ini ya tinggal tulis saja, jangan nunggu

    BalasHapus
  20. semoga dilancarkan yha ngeblognya buat kita semua hehehe

    BalasHapus
  21. Masih tetap sesuai niche-ku. #LifeAsMother dan #LifeAsEditor. Seputar parenting & buku. Hehehe..

    Tapi pengin belajar review restoran nih. Cuman ya itu, bawaannya kalo udah dateng makanannya, enggak sabar pengin makan, lupa motretnya. >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus malah Mbak Noni bahas niche yg org ga banyak tahu. Saya pun begitu jarang bs ngereview tempat makan. Hiks

      Hapus
  22. Tutorial dan tipss biasanyaaa mbaak yg bikin PV meningkaat tajaaam hehehe 😄

    BalasHapus

Posting Komentar