Saturday, January 28, 2017

Berkenalan dengan Startup, Yuk!

Perkembangan Startup di Indonesia


Startup adalah perusahaan baru yang dalam proses pengembangan dan biasanya berbasis teknologi digital. Itu adalah definisi termudah yang bisa aku simpulkan dari beragam informasi yang tersebar di internet. Perusahaan-perusahaan rintisan ini biasanya menggunakan internet sebagai tempat pengembangan usahanya. Ciri khasnya yaitu adanya website dan aplikasi yang mendukung atau bahkan menjadi penggerak utama roda bisnis mereka.

Startup adalah perusahaan baru yang dalam proses pengembangan dan biasanya berbasis teknologi digital

Startup mulai muncul di Indonesia pada era buble dot com (1998-2000) yaitu masa ketika banyak pelaku bisnis berlomba-lomba membuat website untuk perusahaannya yang notabene menggunakan domain dot com. Hingga kini pertumbuhan startup di Indonesia meningkat drastis. Setiap tahunnya, startup-startup baru bermunculan. Di era media sosial seperti sekarang ini, startup semakin berkembang karena media sosial adalah lahan yang tepat sebagai tempat promosi. 

credit

Startup lekat kaitannya dengan bisnis online. Ada yang murni perusahaannya bergerak di dunia maya. Ada pula yang punya bangunan kantor dan secara operasional juga bergerak di dunia nyata. Namun, secara umum pemasaran produk startup dilakukan via internet. Sehingga tak peduli basecampnya di mana, startup dapat menjangkau ke wilayah yang jauh seluas target pasarnya. Meski sebagian besar startup lebih berkembang di kota-kota besar dengan populasi pengguna internet yang membludak.

Hal ini pula lah yang menjadi alasan utama mengapa startup mulai digemari sebagai sarana berbisnis oleh para pengusaha muda. Produk startup juga biasanya menawarkan solusi terhadap masalah-masalah kehidupan modern di kota besar. Sehingga pelanggan sulit menolak dan startup dapat terus bertahan bahkan berkembang dengan dukungan finansial dari keuntungan yang mereka dapat dari pengguna produk mereka.

Lalu siapa saja pelaku bisnis ini? Founder startup biasanya adalah mereka yang memiliki latar belakang IT. Mereka pun berkolaborasi dengan para pemilik ide kreatif dan tentunya pemilik modal. Tak ketinggalan, tenaga ahli yang dibutuhkan sesuai bidang yang dikembangkan pada perusahaan startup tersebut pun digaet agar lebih profesional dan berkualitas. Dalam satu tim yang solid inilah mereka mengembangkan bisnis startup hingga mencapai target yang diinginkan.

BangJeck, Startup Kurir dari Banjarmasin


Ada banyak startup yang bermunculan dengan ragam bidang. Aku sendiri pernah menggunakan beberapa produk mereka demi kemudahan yang mereka tawarkan. Startup favoritku adalah Hipwee dari jajaran media startup. Beberapa topik dari artikel yang mereka publish sangat bermanfaat buat dibaca. Di bidang ecommerse startup ada Shopee yang enak buat diajak cuci mata dan kadang belanja.

Kali ini aku akan mereview salah satu transportation startup yang sedang booming di ibukota provinsiku, yaitu Banjarmasin. Startup ini berbasis layanan antar jemput barang atau kurir dengan merk dagang BangJeck.

credit

Dengan slogan ‘We Serve Everything You Needs”, BangJeck berdiri pada tahun 2015. Dengan sistem taxi motor ala ojek modern, BangJeck memiliki argometer tarif sesuai jarak tempuh. Ada pula paket sekolah/kantor dan paket wisata, serta paket delivery barang. Tarif yang mereka terapkan tersebut tertulis secara transparan di media sosial mereka dan tentunya tanpa proses tawar menawar.

Aku sendiri belum pernah menggunakan jasa city courrier yang satu ini. Karena setahuku, area layanan BangJeck masih terpaku pada 3 kota besar di Kalimantan Selatan, yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, dan Martapura. Layanan mereka belum menjangkau kotaku di daerah hulu sungai provinsi ini, yaitu Kota Barabai. Namun, aku punya teman yang menjadi pelanggan tetap BangJeck. Dia adalah seorang pengusaha homemade yoghurt. Ia menggunakan BangJeck sebagai alat delivery yoghurt produksinya ke pembeli. Ia bilang kalau layanan BangJeck bagus dan harganya pun terjangkau untuk pebisnis pemula seperti dirinya.

Menurut pendiri BangJeck, Angga Aditya Rahman, pelayanan BangJeck akan terus ditingkatkan dan sekarang mulai merambah ke bisnis taxi argo meski jangkauan wilayahnya masih terbatas. Layaknya bisnis startup, BangJeck masih mengembangkan layanan dalam bentuk aplikasi smartphone. Wuih, canggih ya. Masyarakat yang menggunakannya pun jadi terbantu. Mereka tak lagi repot jika tak ada orang yang bisa diminta bantuan untuk membeli obat, mengantar dokumen, atau bagi para wisatawan yang ingin berkeliling 3 kota besar di Kalimantan Selatan.

Ingin menggunakan layanan kurir BangJeck? Hubungi salah satu kontak BangJeck berikut ini.

Official : 0511-6742836
Call center Ojek Argo : 087700770012
Pin BBM : 57cd2a63
Line : bangjeck_id
IG : bangjeck_id
Twitter : @kurirbangjeck


Sumber:

32 comments:

N Firmansyah said...

Wih keren BangJeck ini! Aku sih berharap nanti di setiap kota ada start up sejenis. Jadi biar nggak ada monopoli. Kalau kayak gitu pasti seru banget dan pelaku start up juga nggak bakal itu itu aja. :)))

Jerry Han said...

Wah semoga ke depannya bang jeck bisa menjangkau daerah lebih luas. Aplikasi seperti ini setahu saya tidak saja bermanfaat bagi user tapi juga driver-nya lho. Nice review. @ge1212y

Rahmah said...

Wah ada Bang Jeck di Banjarmasin.
Nanti kalau kesana saya rekomendasikan buat suami

Unggulcenter said...

Wah keren nih.. tnggl action ni bkn stRtup

Ira duniabiza said...

Wah keren. Semstinya perkembangan teknologi dan gegap gempita star up ini juga jadi lahan anak bangsa ya. Ga hanya dominasi starup luar saja. Salut dengan bang jek dan semoga terus berkembang dan menjangkau pasar lebih luas di banyak kota.

hungerranger.com said...

Jadi inget Jogja dulu sebelum ada gojek ada o'jack taxi motor, ternyata di Banjarmasin juga ada yang sejenis.

Tukang Jalan Jajan said...

Keren nih. Tiap daerah sudah punya start up yang dijagokan. Kemudahan yang terus diberikan. Mudah2an semakin bermanfaat

Dian Ravi said...

Kalau ngebolang ke Banjarmasin bisa nihbpake Bang Jeck. Semoga nantinya akan ada di kota-kota lain ya

Aprillia Ekasari said...

Kalau tiap daerah ada start up sepertinya akan mengurangi tersedotnya tenaga kerja ke ibu kota yak? Moga sukses lah! :D

Ririe Khayan said...

Asyik ya, di Banjarmasin sdh ada bangjeck. Jd gak masalah meski gojek gak ada di sana ya

f.nugroho said...

Saya selalu tertarik dengan hal-hal yang menceritakan kehidupan di luar pulau jawa, meski saya belum bisa ke sana.
begitu luasnya Indonesia, sampai-sampai Kalsel saja baru bisa dilayani 3 kota.

Pertiwi Yuliana said...

Alhamdulillah yah kemajuan teknologi dimanfaatkan dengan baik. Nah yang begini-begini ini nih yang mestinya terus dikembangkan.
Btw, aku baru tau ini soal BangJeck. Heu. Ulasannya bagus. Jadi lebih kenal.

Liza Fathia said...

Di Aceh juga ada hojak mbak, start up kurir juga.

Fania surya said...

Baru tahu ada Bangjeck. Tp emang bermanfaat banget lo jasa ojek kayak ini.

Hello fika said...

Baru tahu ternyata bisnis ojek ojek online itu termasuk start up ya. .nah bagus dunk kalau udah ada bisnis lokal seperti bang jeck ini


Semoga lancar jaya usaha bang jecknya, dan kapan kapan kalau mampir ke banjarmasin mau lah kucoba pakai ojeknya bang jeck

Adi Setiadi said...

Saya juga sedang buat start up untuk bisnis pertanian Mba.. semangat 😎😎

Rindang Yuliani said...

Aamiin.

Rindang Yuliani said...

Bener, bagi driver tentu adanya tambahan pemasukan menjadi manfaat utama.

Rindang Yuliani said...

Sip Mbak Rahmah

Rindang Yuliani said...

Gaet pakar IT dan investor, Bang.

Rindang Yuliani said...

Aamiin.

Rindang Yuliani said...

Aamiin.

Rindang Yuliani said...

Aamiin

Rindang Yuliani said...

Inggih ;)

Rindang Yuliani said...

Gojek versi daerah.

Rindang Yuliani said...

Sangat luas, ayolah main ke sini.

Rindang Yuliani said...

Terima kasih Mbak Tiwi

Rindang Yuliani said...

Khas masing2 daerah ya

Rindang Yuliani said...

Iya, ojek modern

Rindang Yuliani said...

Ayolah sini Mbak :)

Rindang Yuliani said...

Wah keren nih Mas Adi. Ditunggu ya peluncuran startup nya :)

Dhanang Sukmana Adi said...

sebelum ada start up, saya dan tmen2 udah bikin ini kak wisatakita.com coba di cek, sejak 2009, ternyata sekarang banyak saingan dari anak2 muda yang kreatif :)

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates