Thursday, December 8, 2016

Wucheria bancrofti

Kingdom         :  Animalia
Filum               : Nemathelminthes
Kelas               : Secernentea
Ordo                : Spirurida
Famili              : Onchocercidae
Genus              : Wucheria
Spesies            Wucheria bancrofti

Deskripsi:
Wucheria bancrofti atau disebut juga Cacing Filaria termasuk ke dalam filum Nemathelminthes atau Nematoda. Nemathelminthes termasuk ke dalam kelompok Pseudocoelomata, yaitu kelompok hewan berongga semu.Bentuk cacing ini gilig memanjang, seperti benang maka disebut filaria.Tubuhnya simetris bilateral, triploblastik dan tidak bersegment.Bersifat gonochoris, sudah dapat dibedakan antara yang betina dan yang jantan.Sistem pencernaan sudah lengkap, diawali dengan mulut dan diakhiri dengan anus.Alat ekskresi berupa saluran atau sel-sel glanduler.
Pada saat dewasa, cacing ini menghasilkan telur kemudian akan menetas menjadi anak cacing berukuran kecil yang disebut mikrofilaria. Mikrofilaria beredar di dalam darah manusia. Jika pada waktu itu ada nyamuk yang menggigit, maka larva tersebut dapat menembus dinding usus nyamuk lalu masuk ke dalam otot dada nyamuk, kemudian setelah mengalami pertumbuhan, larva ini akan masuk ke alat penusuk yang berfungsi menularkan penyakit kaki gajah.

Habitat:
Wucheria bancrofti hidup pada pembuluh limfa di kaki manusia dan di dalam otot dada nyamuk.

Potensi:
Wucheria bancrofti berpotensi menimbulkan penyakit kaki gajah padamanusia dengan inang perantara (hospes) adalah nyamuk.

Sumber Pustaka:

Moch Anshari.2010.Wucheria bancrofti. www.upload.wikimedia.org . Diakses pada 23 Oktober 2011

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates