Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Kaleidoskop Travelling 2016

4 komentar
Selain membaca buku, hal yang paling sering kulakoni saat 2016 adalah travelling. Destinasinya kebanyakan masih di dalam provinsi Kalimantan Selatan saja sih. Pertama, karena budget lebih minim dan hemat waktu. Kedua, aku mau mengeksplor tempat wisata di daerah sendiri terlebih dahulu (terutama Kabupaten HST), sebelum menjelajah keluar daerah.

Langsung saja, berikut adalah rekam jejak travellingku selama 2016.

1.                  Kota Palangkaraya (Februari)
Aku berjalan-jalan ke Palangkaraya bersama keluarga besar dalam rangka menghadiri pernikahan anak sepupu mama. Karena sebagian besar dari kita ada yang baru pertama kali ke Palangkaraya sehingga pada kesempatan tersebut berkeliling di kota cantik tersebut adalah hal yang wajib. Bagiku sendiri kemarin itu adalah kali ketiga aku bertandang ke Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah ini.

2.                  Taman Origami, Banjarbaru (Maret)
Seringkali, travelling kulakukan setelah ada acara di suatu kota. Seperti pada bulan Maret lalu, ketika ada acara pelatihan dari kantor di Banjarbaru aku menyempatkan diri untuk meet up dengan sahabatku dan travelling ke Taman Origami. Taman ini merupakan destinasi wisata baru di Banjarbaru, waktu aku ke sana pembangunannya belum selesai 100%. Meski begitu, sebagai latar foto-foto tempat ini sudah bagus kok. Hehe.

3.                  Islamic Center, Tanjung (Maret)
Selain ke tempat wisata, aku juga suka travelling ketika ada event tertentu di suatu kota. Seperti pada momen gerhana total pada bulan Maret lalu. Dari beberapa kota yang diinfokan bisa melihat Gerhana Matahari Total (GMT) paling jelas, aku memilih Kota Tanjung yang berpusat di Islamic Center.

Gerhana di Islamic Center
4.                  Kota Amuntai (Maret, Juli, Oktober)
Sedikitnya dalam tahun 2016 ini aku sebanyak 3 kali mengunjungi ibukota Kabupaten HSU ini. Pertama saat mengejar gerhana matahari di Tanjung, aku pulang lewat Kota Amuntai dan mampir di taman kotanya. Kedua, saat suami ada urusan di Kota Amuntai. Setelah urusan selesai kita jalan-jalan ke Candi Agung dan makan siang di depan Waterboom Amuntai. Ketiga, ketika ada barang yang dicari di Pasar Amuntai. Kita trekking lewat jalan pintas menuju ke Amuntai.

Gerbang Candi

5.                  Loksado (Mei)
Loksado yang terletak di Kabupaten HSS ini merupakan tempat yang sangat tepat untuk berwisata alam. Aku ke sana bersama anak-anak pramuka. Kami berkemah selama 1 malam 2 hari dan berkunjung ke beberapa destinasi, seperti Air Terjun Haratai, Riam Barajang, dan Riam Hanai.

6.                  Manggasang (Mei, Juli)
Destinasi wisata ini berupa sungai beraliran deras di kaki gunung Kecamatan Hantakan, Kabupaten HST. Dalam setahun ini aku 2 kali ke sana, yaitu pas mampir saat perjalanan pulang dari Loksado serta saat libur Idul Fitri bersama keluarga.

7.                  Pantai Angsana (Juni)
Aku ke pantai yang terletak di Kabupaten Tanah Bumbu ini untuk kedua kalinya, pertama dengan teman kuliah sekitar tahun 2014 yang lalu. Kali ini aku ke Pantai Angsana bersama suami dan teman-teman satu kantornya. Kami menginap di penginapan dekat pantai, tapi supaya lebih mengesankan kami juga mendirikan tenda di tepi pantai.

8.                  Masjid Al-Akbar, Paringin (Juni)
Ikon wisata religi Kota Paringin ini kukunjungi di Bulan Ramadhan. Sepulang bukber dari rumah seorang teman yang tinggal di Paringin, aku dan suami mampir ke masjid ini dan melaksanakan sholat isya dan tarawih di sana.

Masjid Al-Akbar, Paringin

9.                  Gunung Titi (Agustus)
Destinasi ini juga masih masuk kabupaten HST, tepatnya di Kecamatan Limpasu. Aku camping di sini bersama anak-anak pramuka pas weekend. Paginya kita mengejar sunrise dari puncak Gunung Titi.

Puncak Gunung Titi

10.             Gua Hantanung dan Sungai Maranting, Balangan (September)
Kedua destinasi ini berada di kabupaten tetangga, yaitu Balangan, tepatnya di Kecamatan Tebing Tinggi.  Aku ke sini bersama anak-anak pramuka, ketika mereka ada momen pelantikan. Gua dan sungai ini masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga masih sangat asri.

11.             Kota Kandangan (November)
Biasanya aku hanya sekadar lewat di Kota Kandangan, tapi bulan lalu aku sengaja berjalan-jalan di ibukota Kabupaten HSS tersebut. Kebetulan sedang ada event Kandangan Expo 2016, aku pun mampir ke sana. Mengunjungi expo sebuah kota sama dengan menjelajah kota itu sendiri, bukan?

12.             Banjarmasin (Desember)
Destinasi yang kukunjungi saat traveling ke Banjarmasin yaitu Dermaga Banjarraya, Makam Sultan Suriansyah, Masjid Sultan Suriansyah, Museum Wasaka, dan Siring Pierre Tendean(Patung Bekantan dan Tugu Nol Kilometer).

Tugu Nol Kilometer

Alhamdulillah, Allah telah memberikan kesempatan kepadaku untuk bisa menjelajah bumi-Nya. Resolusi tahun 2017, semoga badan selalu sehat dan rezeki terus ada biar bisa travelling lebih jauh ke luar provinsi. Aamiin.
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!