Friday, December 30, 2016

Book Haul 2016

Kali ini aku merayakan akhir tahun dengan sedikit berbeda, salah satunya adalah dengan membuat postingan tentang buku-buku apa saja yang berhasil kumiliki pada tahun 2016 ini. Tahun-tahun sebelumnya aku sudah kehilangan jejak akibat terlalu bersemangat membaca setiap dapat buku baru dan terlupa menulis tanggal terima di bagian dalam buku.

Setidaknya aku mendapatkan 10 kali paket buku pada tahun ini dengan total 23 buku. Kalau dirata-ratakan sekitar 2 buku per bulan. Tentunya yang kubaca lebih dari itu karena beberapa kali aku juga pernah pinjam buku di perpustakaan daerah dan reread dari koleksi lamaku. Oya, dari 10 paket buku tersebut 2 diantaranya kudapatkan karena menang lomba review dan giveaway. Sisanya adalah hasil cuci mata di toko buku dan belanja online.

Langsung saja ya berikut list buku-buku tersebut. Tanggal yang tercatat adalah tanggal ketika aku menerima buku di tanganku, karena sebagian besar paket buku berasal dari luar kota.

1.        20 Januari 2016

Di awal tahun ini aku pertama kali membeli buku di Penerbit Stiletto Book. Buku yang aku incar adalah buku Blogging: Have Fun and Get The Money yang baru terbit akhir tahun 2015. Supaya ongkirnya efektif aku beli satu lagi buku yang berjudul Keseimbangan Hidup Perempuan karena pernah baca reviewnya. Alhamdulillah, isi kedua bukunya sesuai dengan ekspekstasiku. Yang bikin tambah senang lagi, aku dapat free gift berupa pembatas buku berbahan kanvas. Oya, untuk membeli kedua buku ini plus ongkirnya aku harus merogoh kocek sebanyak Rp. 81.800,-.


2.        19 Maret 2016

Pada kesempatan kali ini aku membeli buku langsung di toko buku. Kebetulan waktu itu aku sedang ada pelatihan dari kantor di Banjarbaru. Pas ada free time aku langsung cabut ke Toko Buku Salemba. Niatnya cuma mau cuci mata, tapi seperti biasa pas pulang bawa buku ke kasir. Aku dapat buku Crossroad, cerita tentang traveling ke Toraja dan teman tapi baper. Aku suka ceritanya, beruntung deh gak salah beli. Harga bukunya  Rp. 55.000,-.

3.        7 Mei 2016

Kali ini aku dapat hadiah buku gara-gara menang sebagai juara 3 lomba review buku Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi (CMKP) dari Penerbit Stiletto Book. Sebagai info buku CMKP nya pun kudapatkan dari kuis penerbit yang sama pada tahun 2015 beserta sebuah pouch. Alhamdulillah. Hadiah yang kudapatkan adalah dua buku dan sebuah merchandise berupa kotak tisu berbahan kanvas. Senangnya karena motif tissue boxnya sama persis dengan motif pouch yang sebelumnya aku dapat. Sekarang kedua benda tersebut sudah kusulap menjadi sebuah clutch bunga-bunga lucu. Tinggal dijahit dan ditambah rantai.

Tissue box dan pouch

Isi paket bukunya adalah novel Dear Friend with Love dan buku A Cup of Tea: Menggapai Mimpi. Untuk buku yang kusebutkan terakhir, sebelumnya aku sudah punya hasil dari menang GA juga dari akun twitter @fifnoor yang kuterima pada tanggal 16 Maret 2015. Akhirnya, buku yang terbaru kuhadiahkan pada seorang teman yang juga suka membaca ketika ia menikah.

Bukunya sendiri memang bagus, berisi kumpulan kisah inspiratif tentang bagaimana proses orang-orang dalam menggapai mimpi. Sedangkan novelnya sendiri cukup menghibur karena ceritanya menghibur dan ringan. Kerennya lagi ternyata proses penulisan novel ini berawal dari blog. Wow.

4.        20 Mei 2016

Kali ini aku juga masih mendapatkan buku hadiah dari GA di blog www.rindagusvita.web.id. Judul bukunya Meraih Mimpi dengan Beasiswa. Sejak diterbitkannya buku ini aku memang sudah pengen sekali melahap isinya. Alhamdulillah rezeki, dapat bukunya karena menang giveaway. Isi bukunya memang keren, kagum banget sama penulisnya bisa dapat beasiswa berkali-kali. Bikin aku tambah ngebet pengen dapet beasiswa S2 juga.

Paket gratisss

5.        25 Juni 2016

Kali ini aku membeli buku dengan dorongan impulsif dari nafsu membacaku. Setelah melihat status akun facebook Zamie Bolin, seorang penjual buku yang sedang mempromosikan buku-buku jualannya, aku tergoda untuk membeli paket 6 buku seharga seratus ribu. Ke-6 buku yang kubeli tersebut adalah Bunda Tahan Banting, Cinderella Tuathina, Rahasia Penulis Hebat, Kekasih Sang Dokter Sisilia, Dokter Playboy, dan Misteri Sebuah Peti Mati 2. Sayang untuk yang disebutkan terakhir berbeda dengan judul buku yang sampai ke rumah yaitu Misteri Lemari Antik dari penulis yang sama. Okelah pikirku, toh genrenya juga sama jadi aku tak berniat untuk mengajukan komplain.

Bunda Tahan Banting berisi curhatan seorang ibu dalam mengelola bisnis dan mengurus keluarganya, not bad lah meski gaya penulisannya seperti gaya penulisan di blog. Cinderella Tuathina adalah sebuah novel Amore yang bercerita tentang kisah cinta seorang housekeeper. Rahasia Penulis Hebat adalah buku nonfiksi keroyokan dari para penulis novel hebat.

Kekasih Sang Dokter Sisilia dan Dokter Playboy adalah harlequin. Sedangkan Misteri Lemari Antik merupakan novel horor lokal. Untuk ketiga novel terakhir hanya asyik untuk sekali baca, bukan untuk dikoleksi. Namanya juga beli impulsif. Hiks. Oya, untuk biayanya plus ongkir aku harus mengeluarkan biaya sebanyak Rp. 129.000,- untuk ke-6 buku tersebut.

6.   1 Juli 2016

Dalam rangka mengupgrade diri agar lebih lancar berbahasa inggris aku membeli novel impor yang ternyata susah-susah gampang dicarinya, bahkan secara online. Jadilah aku masuk ke situs Periplus, toko khusus jual buku impor. Karena dikirimnya dari UK sana makanya lama banget baru sampai, tanggal pengirimannya 9 Juni sedangkan datang baru 1 Juli. Butuh kesabaran ekstra.

Buku impor pertama milikki

Oya, aku memilih Guidebook to Murder sebagai koleksi buku impor pertamaku. Karena dari review yang kubaca genrenya tentang detektif gitu. Beruntunglah aku berhasil sampai selesai membacanya, meski ada beberapa bagian yang miss bagiku. Oya, selain sulit dipahami buku ini juga muahal dengan harga Rp. 268.000,- untuk satu buku 220 halaman ini plus ongkos kirimnya.

7.        4 Juli 2016

Kali ini aku order buku ke Mizan Store. Awalnya hanya karena ingin beli paket KKPK 10 buku 50 ribu untuk THR buat sepupu-sepupu kecilku. Namun, supaya menghemat ongkir aku pun membeli dua buku tambahan yaitu The Naked Traveler 1 Year #1 dan Beasiswa di Bawah Telapak Kaki Ibu. Kedua buku tersebut memang sudah menjadi incaran lamaku, terutama yang TNT 1 Year itu. Kedua buku yang sama-sama tebal ini mampu memuaskan dahaga bacaku. Biaya yang harus kukeluarkan untuk membeli buku plus buku paket KKPK dan ongkirnya adalah Rp. 198.740,-.

8.        10 Agustus 2016

Kali ini aku jalan-jalan ke Gramedia Duta Mall Banjarmasin dan dapat satu buku lagi. Incaran lama, penulisnya teman satu komunitas FLP Bnajarbaru dulu. Judulnya Persona. Cerita novelnya keren, yaitu tentang kehidupan psikis seorang gadis brokenhome. Harga novelnya Rp. 66.500,-.



9.        11 Desember 2016

Sama dengan sebelumnya, kali ini aku juga beli buku di Gramedia DM, ketika travelling ke Banjarmasin. Kali ini aku beli dua buku nonfiksi bertema bisnis yang berjudul Inilah Saatnya Bisnis Kafe Gaya Anak Muda dan 77 Mantra Meningkatkan Produktivitas Diri ala Miliarder. Total harga kedua buku tersebut adalah 125.500,-. Baru satu buku tentang kafe yang selesai kubaca, bagus banget bikin aku semangat buka kafe. Sedangkan buku 77 mantranya masih separuh kubaca.

10.    27 Desember 2016

Kali ini aku tergoda paket belanja akhir tahun penerbit Zukzez Express yang ownernya aku kenal yaitu Kak Ery dari Banjarbaru. Aku membeli 5 buku yaitu Menyapa Tahta Sang Dewi, Jomblo Keramat, Kujemput Islam dengan Cintamu, Writerpedia, dan Super Move On. Tiga dari lima penulis buku tersebut aku kenal. Oya, harga plus ongkirnya total 125.000,-. Dari kelima buku tersebut belum ada yang selesai kubaca, hitung-hitung simpanan untuk libur tahun baru. Hehe.


Total uang yang kukeluarkan untuk membeli buku selama tahun 2016 ini adalah Rp. 1.049.540,-. Kalau dirata-ratakan setiap bulannya aku harus mengeluarkan uang sebesar 87.500 J. Resolusi buat tahun depan? Semoga rezeki bertambah, biar bisa beli lebih banyak buku lagi. Aamiin.

4 comments:

tukangjalanjajandotcom dodon_jerry said...

Nanti januari 2017 punya buku "the best of India" karya Dony Prayudi ya :)

Rindang Yuliani said...

Boleh, Mas Don. Silakan kirim langsung ke alamat saya, ya. Hihi

Amrudly said...

Wah banyak sekali mbak. Saya hanya dapat 1 buku dari giveway :(

Rindang Yuliani said...

Semoga tahun ini bisa dapat lebih banyak buku lagi, ya.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates