Wednesday, October 5, 2016

Tiram Mutiara

Klasifikasi
Kingdom         : Animalia
Filum               : Mollusca
Kelas               : Bivalvia
Ordo                : Anysomyaria
Famili              : Pteridae
Genus              :Pinctada
Spesies            :Pinctada maxima

Deskripsi:
Pinctada maxima atau tiram mutiara merupakan spesies yang mempunyai cangkang luar yang keras, berwarna coklat kekuning kuningan, garis redier kecil-kecil tidak jelas dan berwarna terang yang dihubungkan sepasang engsel (hinge) sehingga cangkangnya dapat terbuka dan tertutup. Cangkangnya berbentuk cembung, ukurannya lebih dorso-ventral daripada anterior-posterior.
Tubuh tiram mutiara terdiri atas 3 bagian yaitu: kaki, mantel dan kumpulan organ bagian dalam. Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang bersifat elastis, terdiri atas susunan jaringan otot yang dapat meregang. Tiram mutiara termasuk monomary, yaitu hewan yang memiliki otot tunggal yang berfungsi untuk membuka dan menutup cangkang. Mantel membungkus organ bagian dalam dan memisahkan dengan bagian cangkang, selain itu juga berfungsi untuk menyeleksi unsur-unsur yang terhisap ke dalam tubuh dan jika dalam tubuhnya terdapat kotoran maka mantel akan menyemburkan kotoran itu keluar. Bagian mantel tersusun dari berkas jaringan sel yang berbentuk kolom-kolom yang homogen.

Habitat:
Pinctada maxima hidup pada kedalaman lautan 5-40 m, dengan salinitas kurang lebih 30 ppt, suhu 29 - 31 0C, kecerahan 4,5 - 7,5 m.

Potensi:
Famili tiram mutiara dikenal menghasilkan mutiara dengan kualitas tinggi dengan harga yang selangit di pasaran internasional.

Sumber Pustaka:
Aras Syazili.2011.Biologi Tiram Mutiara (Pinctada maxima)www.akuakultur.blogspot.com.Diakses pada 23 Oktober 2011

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates