Sunday, October 16, 2016

Aktivitas Blogging Saya

Kali ini aku akan nge-share hasil wawancara tentang aktivitas blogging yang kulakukan selama ini. Oya, wawancara ini adalah ide dari Mbak Asri pemilik blog My Scrap Book. Beliau punya program khusus untuk mewawancara para blogger dalam program Ngobrol Bareng di blognya. Berikut adalah hasil wawancaranya. 




Hallo, Mbak Rindang. Kenalin saya Asri yang punya blog My Scrap Book. Kali ini ijinkan saya bertanya sama Mbak ya, terkait profesi Mbak sebagai analis di laboratorium lingkungan dan blogger.

​1. Hallo, Mbak. Apa kabarnya nih? Wah, lagi sibuk apa nih sekarang?
Alhamdulillah, kabar saya baik. Sekarang sih lagi sibuk kerja, ngurus keluarga, dan ngeblog. Setiap hari menjalani rutinitas pagi-sore kerja, sore-pagi mengurus keluarga, dan ngeblog di sela-sela waktu tersebut atau weekend kalau nggak ada acara.

2. Ehm, Mbak. Maaf ya, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm Mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa ya? Boleh diceritakan sedikit mengenai profesi Mbak saat ini?
Boleh banget mbak. Profesi saya sekarang ini adalah sebagai analis di laboratorium lingkungan. Jadi kerjaan saya tiap hari itu menguji setiap sampel yang datang, khususnya air dengan berbagai parameter kimia seperti pH, COD, BOD, dll. Intinya untuk mengetahui apakah sampel air tersebut berbahaya atau tidak berada di lingkungan.

3. Pernahkah Mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi Mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara Mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat? 
Sampai sekarang sih alhamdulillah, aku belum pernah merasa bosan mengerjakan tugas-tugas di laboratorium. Mungkin karena masih terbilang pekerja baru ya, Desember ini baru genap setahun. Hihi. Kalau merasa sedikit agak jenuh caraku mengatasinya paling dengan internetan seperti main sosmed dan blogwalking ke blog teman-teman.

4. Kalau boleh tau nih, kan selain Mbak berprofesi sebagai analis, Mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan Mbak sendiri dengan menulis blog?
Sebenarnya tidak ada waktu khusus saya dalam ngeblog. Well, artinya tidak ada pembagian waktu yang jelas antara kerja dan blogging. Tapi kebiasaan saya yang paling umum adalah waktu malam sebelum tidur itu ngedraft dulu. Ya jadi nulis sesuka hati, susunan dan EYDnya kacau dibiarkan saja dulu. Besoknya kalau hari kerja pas di kantor baru diedit, dipublish, dan dishare. Maklum wifi kantor lebih kenceng daripada paket data di rumah. Hehe. Kalau hari libur tetap dipublish juga tapi mungkin file fotonya dikurangin supaya nggak terlalu berat karena publish hanya pakai paket data.

5. Apa yang melatarbelakangi Mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog? 
Latar belakang saya membuat blog awalnya sebagai media curhat dan menyalurkan hobi menulis saya. Dalam seminggu biasanya saya posting 2 atau 3 buah postingan. Baru-baru ini saya punya target satu hari satu postingan, tapi masih bolong-bolong. Heuu. Tantangan terbesar bagi saya setiap kali mau posting adalah jaringan internet yang lelet. Karena saya juga ingin melengkapi postingan saya dengan gambar yang harus didukung dengan jaringan internet yang baik.

6. Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar Mbak, di lingkungan pekerjaan Mbak Rindang dengan profesi Mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang Mbak dapatkan saat Mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger? 
Boleh dibilang yang tahu kegiatan saya sebagai blogger hanyalah suami dan sahabat-sahabat saya saat kuliah. Orang-orang yang lain bisa dibilang tidak mengetahui atau menganggap saya ngeblog tidak serius. Hal ini karena saya memang tidak pernah mensoliasikan kegiatan saya sebagai blogger. Beberapa orang yang kemudian tahu kalau saya memang serius dalam ngeblog mendukung saya dan kebanyakan mereka berkomentar “rajin amat menulis sambil bekerja kantoran”. 


Keuntungan yang saya dapat banyak sekali sebagai blogger diantaranya adalah saya mendapat banyak teman blogger di dunia maya, menang (dan dapat hadiah) beberapa kali giveaway dari teman blogger yang mengadakannya, serta mendapat ilmu dari beberapa pengalaman yang ditulis oleh blogger lain.

7. Apakah keluarga Mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap Mbak Rindang dan pekerjaan sampingan Mbak sebagai blogger? 
Suami saya satu-satunya orang di keluarga yang tahu bahwa saya serius dalam dunia blogging. Alhamdulillah dia mendukung 100% kegiatan blogging saya. Dia banyak memberikan ruang dan waktu sehingga saya tidak merasa bersalah dan fokus ketika blogging.

8. Ada tips dan trik nggak dari Mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog? 
Tema yang paling enak untuk ditulis di blog adalah tema yang kita alami sendiri. Dengan mengalami sendiri, isi dari tema tersebut sudah tentu kita kuasai dan harapannya dapat bermanfaat bagi pembaca blog kita. Selain itu sesuaikan tema tulisan kita di blog dengan niche blog kita. Saya sendiri kebetulan lifestyle blogger, jadi isi blogger saya gado-gado tapi lebih banyak bercerita tentang pengalaman pribadi dengan tema apa pun.

9. Menurut Mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?
Penting banget. Blogger bagi saya semacam penyampai berita non-formal terpercaya di dunia maya. Namun meski non-formal isi beritanya bagi sebagian orang tertentu sangat berguna karena biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi.

10. Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 
Wah, saya sendiri sebenarnya masih belajar dalam menyeimbangkannya. Tapi trik yang selalu saya pakai ini cukup berhasil. Rampungkan dulu semua pekerjaan kita sebagai pegawai di kantor dan pekerjaan kita sebagai IRT di rumah, baru setelah itu kita dapat berpuas ria dalam ngeblog. Satu lagi, menggunakan blog planner dalam blogging membuat postingan kita jadi teratur. Saya sendiri punya blog planner sederhana berupa kalender yang tiap harinya saya tulis judul yang akan saya posting pada tanggal tersebut. Kalau mendapat ide saya langsung menuliskannya pada kolom tanggal selanjutnya yang masih kosong.


Terima kasih, Mbak atas waktunya. Sukses selalu untuk Mbak Rindang.

1 comments:

Murni Rosa said...

Gimana pendapat Mbak tentang fulltime blogger?
hehe... next question :D

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates