Sunday, September 18, 2016

Si Kecil Maya

Ini Maya dan adikku

Punya ponakan atau sepupu yang lengket banget sama kamu? Aku punya, namanya Maya. Umurnya sekarang sudah 6 tahun. Sejak dari bayi dulu, dia sudah akrab dengan keluargaku. Sehingga di usia batitanya, ia sudah sering menginap di rumahku kalau mamanya lagi sibuk atau karena dia mau sendiri.

Maya paling dekat dengan papa, karena papa memang suka dengan anak-anak. Orang kedua dan ketiga yang disukainya yaitu aku dan suami. Dulu waktu usianya masih sekitar 2-4 tahun, saat menginap dia masih mau tidur dengan mama dan papa. Tapi sekarang setelah usianya 5-6 tahun dia sudah pinter milih, katanya paling enak tidur di kamarku. Terpaksa deh suami tergusur ke kasur di bawah. Hehe.

Ini kegiatan Maya sebelum tidur

Mewarna, di lain waktu

Si kreatif Maya
Maya kalau di rumahku kayak Ratu. Dia bebas melakukan apapun yang dia mau. Bagiku dan suami, selama yang ia lakukan positif dan sesuai umur kami akan dengan senang hati menyediakan fasilitas. Seperti menggambar, mewarna, melihat buku-buku bergambar, dan bermain boneka. Ada satu kegiatannya yang membuat kami kelimpungan, yaitu kalau dia sudah mengajak kami main kartu flora dan fauna!

Saat dia bermain selain kartu, kami masih bisa mengerjakan yang lain. Tapi kalau dia sudah mengajak main kartu flora-fauna artinya kami harus menyediakan waktu dan tubuh di dekat dia. Aku sendiri kadang bisa sampai tertidur kalau mainnya di atas kasur. Atau kalau aku lebih sibuk aku akan menolak dengan halus dengan syarat nanti kita bisa main kalau pekerjaanku selesai.

Di lain waktu ia mencoret-coret cermin kami dengan bedak bayi dan kuas yang ia temukan di kamar. Hasil gambarnya memperlihatkan ada aku dan suami serta tanda love juga gunung, rumah, dan pohon. Ah, kreatifnya anak-anak. Media apapun tidak membatasinya berkreasi. Aku tidak sanggup marah jadinya, hanya menjelaskan kalau cerminnya dijadikan kanvas kita jadi tidak bisa bercermin dengan jelas.

Biasanya dia nginap malam Minggu atau jika besoknya hari libur. Maklum dua tahun terakhir dia kan sekolah di TK. Sekarang sudah mulai masuk SD, dia mulai jarang ke rumah apalagi nginap. Kebiasaan kami saat pagi-pagi ketika Maya menginap adalah jalan-jalan pagi. Karena kami berdua juga libur, jadi lebih leluasa menggunakan waktu di pagi Minggu. 


Rute yang kami ambil biasanya adalah jalan menuju kebun karet di desa kami. Terkadang kami juga pakai sepeda atau sepeda motor, karena Maya pengen atau takut kalau dia kelelahan karena jaraknya lumayan jauh sekitar 4 km bolak-balik. Sekalian jalan-jalan, aku dan suami juga bisa ngecek kondisi kebun karet kami yang letaknya memang agak jauh ke dalam hutan.

Aku dan suami, foto diambil oleh Maya


Menghabiskan waktu dengan Maya adalah hal yang kami berdua sukai. Sadar bahwa waktu untuk bersama anak kecil ini tak akan lama lagi -sebelum ia meremaja, kami memaksimalkan quality time. Berharap semoga kenangan-kenangan masa kecil Maya akan menjadi pengingat yang manis bagi kami atau dia ketika sudah dewasa nanti.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates