Saturday, July 2, 2016

7 Amalan Bagi Wanita Haid di Bulan Ramadhan

Alhamdulillah, kita sudah memasuki 10 hari terakhir Ramadhan. Di sepertiga terakhir bulan suci ini dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan meningkatkan kualitas ibadah. Di antara 10 terakhir inilah, malam lailatul qadar akan datang. Malam dimana jika kita melakukan ibadah, pahalanya sama dengan jika kita beribadah selama seribu bulan. Subhanallah.

Sayangnya, sejak hari Kamis yang lalu aku haid. Rasanya sedih banget tidak bisa melaksanakan kewajiban dan sunah Ramadhan seperti biasa. Tapi tentu saja kesedihanku tidak boleh berlarut-larut, aku mencari tahu amalan apa saja yang bisa dilakukan oleh wanita yang sedang haid di bulan Ramadhan.

duniajilbab.tumblr.com

Ini nih hasil dari searchingku, beberapa amalan yang pahalanya tidak kalah dengan berpuasa dan shalat tarawih.

1. Berzikir
Ya, mengingat Allah pada setiap kesempatan dengan zikir tetap bisa dilakukan meski sedang haid. Gumamkan zikir subhanallah-alhamdulillah-allahuakbar di sela-sela aktivitasmu ya gals.


2. Istighfar
Ketika Ramadhan, pintu ampunan Allah terbuka dengan lebar. Apalagi di sepuluh malam terakhir. Yuk, perbanyak istighfar untuk membersihkan dosa yang menyelimuti diri kita selama ini.


3. Menyiapkan makanan sahur dan buka
Wanita itu istimewa. Meskipun sedang tidak berpuasa, kegiatannya di dapur tetap berjalan. Bahkan bangun sahurnya lebih dahulu daripada penghuni rumah yang lain. Inshaallah ganjaran pahalanya sama besar dengan mereka yang berpuasa.


4. Memberi makan untuk orang yang berbuka puasa
Sekalian bersedekah, memberi makanan bagi orang yang berbuka puasa juga akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.


5. Menuntut ilmu
Caranya bermacam-macam, bisa dengan mendengarkan ceramah via tv atau radio, ikut majelis taklim, atau membaca buku-buku agama. Pahalanya inshaallah besar, sekaligus memanfaatkan waktu dengan produktif.


6. Sedekah
Bersedekah di bulan Ramadhan itu sangat besar pahalanya. Jangan ragu mengeluarkan hartamu untuk membantu orang-orang yang sedang kesulitan. Selain memberikan kegembiraan pada mereka, hartamu juga akan bersih dan inshaallah rezeki kian bertambah.


7. Berdoa di antara azan dan iqamat
Meskipun tidak bisa shalat, namun kamu tetap bisa memanjatkan doa di waktu mustajab salah satunya adalah di antara waktu azan dan iqamat. Jangan buang kesempatan emas di antara waktu tersebut untuk berdoa, karena kans dikabulkannya doamu sangat besar.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates