Sunday, June 12, 2016

Instropeksi Seminggu Ramadhan

Tidak terasa ya sudah satu minggu Ramadhan berlalu. Kali ini aku hanya ingin sedikit review sekaligus introspeksi kegiatan harianku selama Ramadhan tahun ini. Semoga hasilnya menjadi lebih baik daripada Ramadhan tahun lalu.

Pada Ramadhan tahun ini statusku sudah bekerja sehingga otomatis tidak ada jadwal libur di bulan puasa selain Sabtu-Minggu dan cuti bersama jelang lebaran nanti. Rutinitas hari kerjaku sekarang setelah sahur adalah shalat tahajud dan mencuci piring sambil menunggu imsak dan waktu subuh. Setelah subuh tilawah sebentar, lalu berbaring lagi. Tidur hingga jam 7 pagi. Bangun langsung mandi dan shalat dhuha, lalu berangkat ke kantor jam 07.30 sehingga jam 08.00 sudah sampai. Beberapa hari pertama telat terus. Maklum habis bangun tidur pagi suka jungjang.

www.pulsk.com

Di kantor beraktivitas hingga sekitar jam 15.00 lewat sedikit. Kalau di luar bulan Ramadhan jam pulang adalah jam 16.00. Kalau sedang tidak ada kerjaan, selain ngenet aku nyicil tilawah. Kebanyakan sih memang banyak waktu kosong di kantor sehingga aku bisa dapat berlembar-lembar tilawah. Lumayan membantu agar target minimal 1 kali khatam di bulan Ramadhan tercapai.

Sepulang di kantor langsung beraksi di dapur. Menyiapkan menu berbuka. Senangnya sih semuanya diberesin dulu baru (termasuk ashar dan tilawah) setelah itu bisa santai, baca buku atau bahkan tidur. (Jangan ditiru ya, aku memang penidur).

Setelah berbuka kegiatanku berturut-turut tanpa jeda adalah shalat maghrib-tilawah-isya-tarawih-tilawah. Setelah itu baru bebas mau melakukan apa. Oya satu lagi kegiatan yang rutin kulakukan sebelum tidur malam di bulan Ramadhan yaitu mengisi jurnal Ramadhan.

Kalau sabtu minggu beda lagi rutinitasku. Setelah melewati weekend pertama di bulan puasa tahun ini aku dapat menyimpulkan bahwa kegiatan utamaku dua hari ini adalah berleha-leha. Haha. Biasanya bangun jam 7, hari libur aku bebas bangun sampai jam 9 pagi. Hello, matahari sudah terang sekali. 

Triknya sih supaya setelah bangun tidur tidak dipusingkan dengan pekerjaan rumah, aku membereskannya dulu sebelum tidur. Jadi seharian weekend tadi aku bisa membaca buku dan bahkan menonton film untuk menghabiskan waktu menunggu bedug. What a perfect day!

Instropeksinya sih 3 minggu ke depan target ibadah Ramadhan tetap jalan dan di akhir bulan tercapai semuanya. Sebenarnya ingin memaksimalkan waktu weekend agar lebih produktif. Rencana sih ingin menyelesaikan jahitan, seleksi buku untuk disale, dan crafting.

yaniasaisyah.wordpress.com

Nah gals, bagaimana dengan seminggu Ramadhanmu?

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates