Sunday, June 5, 2016

Haemodipsa javanica (Pacet)

Klasifikasi:
Kingdom :Animalia
Filum   : Annelida
Kelas   : Hirudinae
Ordo    :Gnathobdellia
Famili  : Hirudinidae
Genus  :Haemodipsa
Spesies: Haemodipsa javanica


         Deskripsi:
Haemodipsa javanica atau pacet atau lintah merupakan salah satu spesies dari Annelida (Cacing Gelang). Ciri-cirinya yaitu mempunyai rongga tubuh sejati, triplobastik, tubuh pipih panjang, hermafrodit, mempunyai mulut dan anus, tubuh bilateral simetris, bersegmen (metameri). Jumlah segmen tetap, yaitu 34, walau lapisan cincin sekunder di luarnya menyamarkan segmentasi primer tersebut.
Ukuran panjang tubuhnya 2-5 cm. Bergerak dengan melekukkan tubuhnya dan berenang dengan cara menggelombangkan badan. Tidak mempunyai setae (bulu-bulu kaku) dan parapodia, memiliki 2 alat isap yang terdapat di ujung anterior maupun posterior yang berfungsi melekatkan tubuhnya pada hewan atau manusia yang diisapnya. Pacet bergigi tiga buah (walau kadang-kadang tereduksi), mulut lebar, hampir menyatu dengan bibir batil isap oral, biasanya bermata 5 pasang. Punya 3 buah rahang, pharink tidak dapat dijulurkan. Peredaran darahnya tertutup, pernafasan secara difusi, ekskresi dengan nifridium.

Habitat:
Habitat Haemodipsa javanica adalah di air tawar, laut atau darat. 

Potensi:
Dimanfaatkan dalam bidang kedokteran karena Haemodipsa javanica menghasilkan zat hirudin (antikoagulan atau anti pembekuan darah) yang berperan untuk mengisap darah hewan atau manusia untuk penyakit-penyakit tertentu.

Sumber Pustaka:

Dwi Rizki.2009.Annelida. Www.fardanee.blogspot.com. Diakses pada 23 Oktober 2011

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates