Wednesday, May 11, 2016

Blogging: Have Fun and Get The Money

Pertama kali melihat cover buku ini wara-wiri di timeline twitter, aku langsung ngiler meski belum tahu isinya. Judul dan blurb yang tercantum di cover adalah umpan yang menarik bagi kutu buku dan blogger sepertiku. Nama penulis yang juga tak asing di dunia perbloggeran -Carolina Ratri, membuatku tak ragu untuk segera membeli dan membaca buku ini. Dan inilah hasil reviewku tentang buku yang berjudul Blogging: Have Fun and Get The Money ini.

   
Buku yang berjumlah 245 halaman ini dibuka dengan pendahuluan yang berisi tentang alasan mengapa orang ngeblog dan apa yang bisa kita dapat lewat ngeblog. Karena judul buku ini terdapat kata get the money, maka di bagian pendahuluan ini juga terdapat ajakan dari penulis untuk para blogger agar serius ngeblog sehingga dapat menghasilkan uang. Meskipun penulis tetap menyarankan jangan menjadikan uang sebagai tujuan utama ngeblog.

Pada Chapter 2 yang berjudul Let’s Blogging, penulis menanyakan pada pembaca apa topik utama yang ingin kita sematkan pada blog kita. Apakah lifestyle blog atau niche blog. Aku sendiri menasbihkan diri sebagai lifestyle blogger yang mengisi blog dengan beragam tema. Sedangkan pada blog berniche, blogger hanya menuliskan fokus satu tema saja seperti travel, makanan, kecantikan, atau fashion. Ada 4 keuntungan blog berniche dibandingkan lifestyle blog yang dijabarkan penulis pada bagian ini. Penulis menekankan agar topik blog yang kita pilih adalah topik yang kita sukai dan kuasai.

Ada banyak printilan yang sangat penting untuk dibaca pada bagian ini selain menentukan tema blog, yaitu:
- Tips keceh untuk menentukan judul dan alamat blog (Hal 49)
- Perbandingan antar platform blog (Hal 51)
- Tips membuat password blog atau akun apapun (Hal 54)
- Bagaimana cara merapikan blog agar enak dikunjungi pembaca (Hal 58)
- Cara mendaftarkan blog ke search engine (Hal 64)
- Tips dasar SEO (Hal 69).

Mari mengenal SEO
source: www.supremeoptimization.com

Boleh dibilang inti dari blogging adalah menulis. Ya, seperti judul Chapter 3 buku ini, Blogging is Writing. Ada berbagai macam faktor penunjang agar tulisan yang kita posting di blog memiliki nilai lebih di mata pembaca, salah satunya adalah EYD. Yup, EYD itu penting, jangan asal tulis dan publish. Selain itu tulisan kita harus unik agar orang mau membaca postingan kita dibandingkan artikel dari blog lain dengan tema yang sama.

Blogger juga harus banyak membaca agar tulisannya semakin berisi. Tulisan yang berisi tidak harus tulisan yang berbelit-belit, keep it simple. Jika sejak awal tulisan kita sudah terlihat njelimet dan bertele-tele, maka bisa dipastikan orang akan ogah membaca artikel kita secara keseluruhan.

Self editing juga sangat perlu dilakukan oleh para blogger, termasuk typo dan ejaan. Selain itu tulisan yang baik adalah tulisan yang informatif. Meskipun tema juga tetap harus disesuaikan dengan niche blog. Pada halaman 95 penulis juga menyebutkan bahwa kategori blog harus rapi. Nah, ini adalah salah satu PR-ku untuk membenahi satu-satunya blog yang kupunya ini.

Salah satu ilmu penting yang kudapatkan dari buku ini adalah ilmu tentang plagiarisme yang terdapat pada hal 98. Di dunia maya yang memiliki jutaan artikel sangat mungkin kita terjebak dalam jerat plagiarisme meskipun kita tidak sengaja. Nah, di bagian ini terdapat tips bagaimana mengecek orisinalitas tulisan kita dan tips teknis agar terhindar dari plagiarisme.

Pada Chapter 4 yang berjudul Blogging for Job Review dijabarkan bagaimana memonitize blog yang kita punya. Ya, selain menyenangkan blogging juga membuat kita mendapat tambahan pemasukan. Siapa yang gak mau sih? Nah, di bagian buku inilah kita dapat informasi mengenai job review yang biasanya merupakan pemasukan terbesar para blogger selain iklan. Jangan khawatir, di bagian ini juga dijabarkan bagaimana cara memperoleh job review, cara menulis, dan mempublish artikel reviewnya. Bahkan setelah artikel reviewnya publish masih ada hal yang perlu kita lakukan agar para pengiklan puas dengan hasil review kita.

How to get job review?

Bagian paling menarik bagiku pribadi sepertinya ada pada chapter ke-5 yang berisi hasil wawancara dengan para headhunters (pencari job reviewers) dan para job revieweres itu sendiri. Well, ini menarik karena dengan membaca jawaban-jawaban mereka mengenai dunia blogging dan pekerjaan yang mereka geluti, ilmu kita tentang dunia perblogging-an menjadi bertambah. Ini penting bagi blogger ala-ala sepertiku. Beruntungnya mereka juga tidak pelit berbagi ilmu saat diwawancara.

Bonus dari buku ini terdapat di Chapter 6 yaitu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog selain dengan job review. Yah, masih banyak jalan menuju Roma. Jalan yang paling familiar adalah dengan cara mendaftar program Google Adsense. Meskipun persentase diterimanya sedikit namun di buku ini dijabarkan tips agar pendaftaran kita tersebut dapat diterima oleh Google. Tipsnya langsung dari blogger yang sudah ber-Adsense lho. Selain itu juga ada program afiliasi lain di beberapa situs besar yang biasanya berupa toko online. Meskipun tak sebesar Google Adsense, namun rupiah yang bisa didapat juga lumayan jika kita berhasil menjual barang dari toko online mereka. Lagipula cara mendaftar afiliasinya jauh lebih mudah daripada di Google Adsense.

Sampailah kita di bagian penutup buku ini. Penulis menutup buku ini dengan menganjurkan para blogger agar rajin merawat rumah mayanya sehingga orang lain betah berkunjung. Selain itu meski sudah lama malang-melintang di dunia blogging, kita harus tetap update dengan perkembangan terbaru, terus belajar, dan berbagi di dunia maya. Juga seperti rumah fisik, kita harus rajin bergaiul dengan para tetangga blogger lain, baik melalui blog itu sendiri ataupun via akun media sosial yang kita punya.

Keep updated, keep learning, and keep sharing
source: www.bloggermuslimah.com

Secara umum buku ini sangat ramah bagi blogger gaptek sepertiku. Memang ada beberapa istilah khas internet, tapi itu no problem karena penulis menjelaskannya dengan sederhana sesuai kadar otak emak-emak yang kebanyakan mikir uang bulanan. Hehe. Pokoknya buku ini recomended banget dah buat para blogger yang ingin selalu merasa have fun sekaligus menghasilkan uang dari blog pribadinya.



0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates