Sunday, May 29, 2016

4 Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Ramadhan sebentar lagi, senang dong ya? Eh, atau malah sedih karena bakal lemas di siang hari. Hehe. Jangan begitu atuh. Sebagai umat muslim, sudah selayaknya kita senang menyambut bulan Ramadhan karena di bulan ini dosa yang kita timbun selama 11 bulan yang lalu akan dihapus tanpa terkecuali. Itu jika kita mau "mematuhi aturan" yang berlaku. Kalau tidak, ya dosanya tetap saja atau bahkan bertambah.

Lalu bagaimana agar Ramadhan kita optimal dengan maksimal pahala yang kita dapat dan minimal dosa. Yuk, lakukan 4 persiapan ini. Mumpung Ramadhan masih sekitar seminggu lagi.

1. Persiapan Ruhiyah
Persiapan ruhiyah atau persiapan secara batin/mental sangat penting dilakukan dalam menyambut bulan Ramadhan agar kita dapat maksimal beribadah dengan perasaan bahagia. Berbagai cara yang dapat dilakukan dalam persiapan ruhiyah ini, yaitu:
- Berdo'a agar kita dapat dipertemukan dengan bulan Ramadhan
- Membuat target ibadah selama bulan Ramadhan
- Memperbaiki hubungan dengan Allah dan sesama manusia
- Memperbanyak istighfar
- Bertekad melakukan banyak kebaikan dan mengurangi keburukan

2. Persiapan Fisik
Fisik juga harus dipersiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan. Caranya yaitu dengan rutin berolahraga agar kesehatan kita terjaga sehingga ibadaha kita tidak terganggu karena sakit. Selain itu memperbanyak puasa sunah juga perlu dilakukan untuk membiasakan tubuh sehingga tidak kaget saat mulai bulan Ramadhan nanti.

3. Persiapan Ilmu
Amal tanpa ilmu itu berbahaya. Sehingga sangat penting bagi kita untuk menuntut ilmu sebelum melakukan ibadah. Baca lagi buku-buku bertema Ramadhan agar wawasan tentang puasa dan amalan lainnya fresh lagi. Aku sendiri punya buku yang kubaca setiap Ramadhan akan datang, judulnya Ramadhan Returns. Selain membaca, menambah ilmu juga dapat dilakukan dengan mendengarkan ceramah baik via tv, radio, atau media internet. Berkumpul dengan halaqah juga merupakan cara mendapatkan ilmu yang sangat diberkahi oleh Allah. Jadi, yuk aktif liqo.

4. Persiapan Dana
Nah jangan melupakan hal yang satu ini ya, karena dana merupakan faktor yang penting juga. Setidaknya bagi dana dalam 3 kelompok berikut saat menjelang Ramadhan:
- Kebutuhan pokok saat Ramadhan, termasuk dana untuk sahur dan berbuka
- Dana untuk kebutuhan lebaran, untuk membeli kue lebaran misalnya
- Sisihkan dana untuk sedekah semampu kita. Agar orang lain juga dapat menikmati Ramadhan dan Lebaran seperti kita. Berbagi itu nikmat lho.

Itu dia 4 persiapan yang kita lakukan untuk menyambut datangnya bulan yang mulia ini. Lakukan mulai sekarang yuk, agar Ramadhan kita tambah indah dan berkah.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates