Wednesday, April 13, 2016

Ikan Mas (Cyprinus carpio)

Klasifikasi
Kingdom         : Animalia
Filum               : Chordata
Kelas               : Actinopterygii
Ordo                : Cipriniformes
Famili              : Ciprinidae
Genus              :Cyprinus
Spesies            :Cyprinus carpio


Deskripsi:
Cyprinus carpio (ikan mas atau ikan karper) merupakan salah satu jenisikan konsumsi air tawar, berbadan memanjang kesamping, memipih tegak dan lunak.Mulut terletak di ujung tengah dan dapat disembulkan.Bagian anterior mulut terdapat dua pasang sungut berukuran pendek.Secara umum, hampir seluruh tubuh ikan karper ditutupi sisik dan hanya sebagian kecil saja yang tubuhnya tidak ditutupi sisik.Sisik ikan karper berukuran relatif besar dan digolongkan dalam tipe sisik sikloid berwarna hijau, biru, merah, kuning keemasan atau kombinasi dari warna-warna tersebut sesuai dengan rasnya.Ikan mas tergolong jenis omnivora, yakni ikan yang dapat memangsa berbagai jenis makanan, baik yang berasal dari tumbuhan maupun binatang renik. Namun, makanan utamanya adalah tumbuhan dan binatang yang terdapat di dasar dan tepi perairan.Seperti ikan pada umumnya fertilisasi ikan mas berlangsung secara eksternal.

Ikan mas menyukai tempat hidup (habitat) di perairan tawar yang airnya tidak terlalu dalam dan alirannya tidak terlalu deras, seperti di pinggiran sungai atau danau. Ikan mas dapat hidup baik di daerah dengan ketinggian 150--600 meter di atas permukaan air laut (dpl) dan pada suhu 25-30° C. Meskipun tergolong ikan air tawar, ikan mas kadang-kadang ditemukan di perairan payau atau muara sungai yang bersalinitas (kadar garam) 25-30%.

Potensi:
Cyprinus carpioberpotensi sebagai bahan makanan yang mengandung protein hewani, selain itu ikan mas juga oleh sebagian orang dapat digunakan sebagai ikan hias.

Sumber Pustaka:
Arga.2008.Taksonomi Ikan Kerper (Cyprinus carpio).
www.argamakmur.wordpress.com
Diakses pada 19 November 2011

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates