Monday, April 25, 2016

Enallagma ebrium

Klasifikasi
Kingdom :Animalia
Filum   : Arthropoda
Kelas   : Insecta
Ordo    : Odonata
Famili  : Coenagrionidae
Genus  :Enallagma
Spesies:Enallagma ebrium

Deskripsi:
Enallagma ebrium merupakan salah satu spesies dari filum Arthropoda dan masuk dalam kelas Insecta. Enallagma ebrium adalah salah satu jenis capung yang sering disebut dengan nama Peri Air atau Bluets Marsh. Tubuh pejantan memiliki thorax berwarna biru dengan garis hitam yang luas di atas dan memiliki dua garis hitam di bahu. Perut ramping sebagian besar berwarna biru dengan tanda hitam di sepanjang bagian atas dan dengan ujung hitam. Matanya yang besar berwarna biru-hitam, air mata berbentuk bintik-bintik postocularToraks pada betina berwarna coklatbiru-hijau atau hitam. Perutnya sebagian besar berwarna hitam di bagian atas dan coklat atau biru-hijau di bagian bawah. Mata besar berwarna coklat dan kekuninganUkuran peri air kecil panjangnya hanya sekitar ¾ sampai 1 inci (16 sampai 20 mm). Sistem perkembangbiakkannya dengan cara betina bertelur di bawah perairan.

Habitat:
Enallagma ebrium berhabitat di udara. Hidup terbang di dekat atau di permukaan danau dataran rendah, kolam, dan rawa-rawa yang bersuasana basa. Enallagma ebrium banyak terdapat pada pertengahan musim panas.

Potensi:
Enallagma ebrium merupakan predatorberbagai macam serangga air, termasuk larva nyamuk, larva lalat capung dan larva lalat air lainnya.                                                                           

Daftar Pustaka:
Bill Johnson.2010.Enallagma ebrium(Hagen, 1861).
www.billjohnsonbeyondbutterflies.com
Diakses pada 11 November 2011

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates