Tuesday, April 12, 2016

Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi

Buku dengan cover warna biru muda dan gambar suasana liburan di pantai ini memang sudah memikatku sejak awal kemunculan fotonya di timeline twitterku. Selain gambar covernya yang membuat keinginan piknikku makin memuncak, judul dan slogan di bawahnya pun begitu menggigit. Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi, One Step Closer to Financial Freedom for Women. Sampai pada akhirnya alhamdulillah, bisa juga “melahap” habis ilmu yang terdapat dalam buku berjumlah 215 halaman ini.



Secara umum tema yang diangkat dalam buku ini adalah taktik bagaimana memanajemen keuangan keluarga agar tetap aman sepanjang tahun namun tidak mengorbankan keinginan untuk bersenang-senang seperti liburan dan membeli outfit yang sudah lama kita incar. Herlina P. Dewi sebagai penulis yang juga merupakan praktisi keuangan membuat buku ini “berisi” dengan kumpulan ilmu finansial yang dikemas secara apik dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh para emak dengan latar belakang apapun.

Financial freedom is available to those who learn about it and work for it.”

Yup, qoute dari Robert Kiyosaki di atas menggambarkan bahwa kebebasan finansial itu harus dipelajari dan dipraktikkan. Buku ini adalah salah satu sarana yang tepat untuk mempelajari kebebasan finansial yang identik dengan permasalahan para ibu rumah tangga.

Buku ini dibuka dengan Kuis Kenali Dirimu yang bertujuan agar kita sendiri mengetahui ada pada tipe apakah manajemen keuangan kita, apakah boros, perhitungan, atau super tertib. Pengetahuan tentang diri sendiri ini penting agar saat membaca bagian-bagian selanjutnya kita dapat memposisikan kebiasaan kita dengan tips yang disajikan oleh penulis.

Meski judulnya menggunakan kata “Pribadi” namun di dalam buku ini juga banyak dibahas tentang pengelolaan uang dalam keluarga, terutama manajemen keuangan antara suami-istri. Bagian terbesar yang dibahas dalam buku ini tentu saja adalah pengelolaan pemasukan dan pengeluaran yang meliputi banyak hal, termasuk gaji, bonus, penghasilan tambahan, utang, belanja bulanan, dan kartu kredit. Sebagai bonus di bagian akhir buku juga dibahas tentang tabungan, asuransi, dan investasi. Aman Sepanjang Tahun merupakan chapter penutup dari buku ini yang berisi tips-tips mengatasi masalah keuangan dan membuat resolusi keuangan bulanan.

Keren dan lengkap kan?  So, read this book and say YES to financial freedom, Ladies!

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates