Monday, March 21, 2016

Monday after "Holiday"

Rasanya kayak baru habis ambil cuti. Sejak seminggu yang lalu, tepatnya hari Selasa pagi subuh aku berangkat ke Banjarbaru. Ada pelatihan untuk teknisi laboratorium tentang ISO 17025. Dijadwalkannya sih mulai Selasa pagi, mundur sehari dari jadwal sebelumnya. Eh waktu sampai di Kantor BLHD Provinsi yang menjadi tempat pelatihan sekitar jam 9 pagi, ternyata pematerinya belum landing. Pelatihan baru bisa dimulai besoknya, Rabu pagi. Ya sudah kita santai dulu seharian itu setelah sowan sebentar dengan perangkat laboratorium BLHD.

Sebenarnya pelatihan tersebut merupakan In House Training dalam rangka persiapan akreditasi lab provinsi. Tapi karena kita masih ada yang belum mendapatkan pelatihan tentang ISO 17025, termasuk aku, sehingga kita nebeng jadi peserta. Alhasil akomodasi tidak disediakan oleh panitia. Beruntungnya salah seorang rekan di kantor punya rumah di Banjarbaru, nah disanalah aku dan teman menginap. Jaraknya dari kantor lumayan jauh sehingga harus pinjam motor yang juga milik teman punya rumah.

Pemateri Training ISO 17025 yang duduk tepat di depanku

Selama pelatihan yang efektifnya hanya 2 hari kerja, Rabu-Kamis, aku banyak menyerap ilmu baru. Terlebih karena aku analis baru. Meskipun materi yang diberikan terutama pada hari kedua tentang audit internal lebih khusus kepada lab BLHD provinsi, tapi aku dan kawan-kawan tidak segan untuk "mencuri" ilmu. Selain itu karena sertifikat dari pelatihan ini sangat berguna untuk mendukung pekerjaan sebagai analis di laboratorium manapun.

Karena seharusnya pelatihan sampai hari Jumat, sehingga aku dan kawan-kawan sepakat untuk tidak masuk kantor pada hari Jumat tersebut meskipun hari Kamis sore pelatihannya sudah selesai. Ada banyak kepentingan dari masing-masing kami, terutama untuk tinggal beberapa saat di Kota Banjarbaru yang notabene adalah kota tempat kami berkuliah. Ada sih satu orang yang pulang ke Barabai tapi tetap tidak masuk kantor pada hari Jumatnya.

Aku sendiri langsung minta jemput sahabat dekatku waktu kuliah untuk menginap di rumahnya. Beruntung dia memang berdomisili dan bekerja di Banjarbaru sekarang. Selama 2 malam aku menginap di rumahnya. Sebenarnya bisa sih hari Jumat itu aku pulang, tapi aku menunda sehari kepulanganku karena suamiku juga sedang ada acara di Kota Banjarmasin sehingga kita berencana untuk pulang bareng hari Sabtu sore.

Foto bareng dengan beberapa peserta training

Di Banjarbaru, aku puas menjelajah tempat-tempat kenangan selama aku kuliah dulu. Mulai dari laboratorium, warung makan, salon, hingga toko buku. Sayang aku ga sempat ke Perpustakaan Daerah Banjarbaru karena hari Sabtu itu cepat tutupnya. Selain itu aku juga mengunjungi rumah keluarga dan teman yang mudah diakses tempat dan waktunya. Btw, aku juga jalan-jalan ke Taman Origami, sebuah tempat wisata baru di tepi Kota Banjarbaru.

Puas deh pokoknya. Berasa habis ambil cuti karena efek refreshnya itu lho. Hari Minggu kemaren aku istirahat di rumah aja setelah menghadiri pernikahan tetangga sekampung. Padahal sebenarnya ada acara dengan suami dan teman-temannya, aku menolak ikut. Selain karena ingin mencuci tumpukan pakaian yang seminggu terakhir belum sempat dicuci, juga karena ingin mengistirahatkan badan setelah lelah berjalan-jalan di Kota Banjarbaru. Harapannya sih supaya waktu mulai masuk kerja lagi pada hari ini, badanku tidak terlalu kelelahan. Dan rasanya memang hari ini aku lebih semangat menyambut hari Senin karena rasanya baru pulang dari liburan panjang.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates