Friday, March 25, 2016

Burung Rangkong Badak (Buceros rhinocerus)

Klasifikasi
Kingdom :Animalia
Filum    : Chordata
Kelas   : Aves
Ordo    : Coraciiformes
Famili   : Bucerotidae
Genus   :Buceros
Spesies:Buceros rhinocerus


Deskripsi:
Buceros rhinocerus (Rhinoceros hornbill) adalah salah satu jenis burung enggang atau rangkong yang terbesarDengan bungkal atau tonjolan di kepala yang menyerupai cula badak, maka burung ini disebut dengan nama Rangkong Badak. Terbang dari satu pohon buah ke pohon lain, rangkong badak  ibarat 'petani hutan' yang menebarkan biji-bijian hutan yang sangat penting untuk regenerasi dan menjamin keberlanjutan ekosistem hutan. Rangkong badak yang merupakan burung penetap dan dilindungi di Indonesia ini, cukup umum ditemukan terutama di kawasan Taman Nasional.Rangkong badak mempunyai paruh yang besar menyerupai tanduk dan berwarna cerah.Ukuran tubuh rangkong ini sekitar 40–150 cm, dengan rangkong badak terberat mencapai 3.6 kg. Umumnya warna bulu rangkong badak didominasi oleh warna hitam (bagian badan) dan putih pada bagian ekor. Sedangkan warna bagian leher dan kepala cukup bervariasi.

Habitat:
Rangkong ini merupakan burung penghuni puncak kanopi hutan.Buceros rhinocerus banyak terdapat di hutan hujan tropis, berada di atas pohon tinggi.

Potensi:
Buceros rhinocerusberpotensi sebagai penyebar biji-bijian yang menebarkan biji-bijian hutan yang sangat penting untuk regenerasi dan menjamin keberlanjutan ekosistem hutan.Oleh sebagian orang rangkong badak juga dapat dijadikan makanan dan hiasan.

Sumber Pustaka:
Macro.2008.Buceros rhinocerus(Rhinoceros hornbill).
Diakses pada 2 Desember 2011

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates