Thursday, December 17, 2015

Taman Labirin dan Kompleks Wisata Tambang Ulang

Di depan gerbang taman labirin

Sekitar 2 minggu yang lalu, tepatnya tanggal 12 Desember 2015, aku dan suami mengunjungi Taman Labirin. Satu-satunya taman labirin yang ada di Kalimantan Selatan ini terletak di Kabupaten Tanah Laut, tepatnya di kompleks agrowisata Tambang Ulang, Pelaihari.

Menurutku area labirinnya kecil -mungkin hanya sekitar 50x50 meter persegi dengan sebuah menara di tengahnya, namun pemandangan di sekitarnya yang wow. Ada hamparan rerumputan dan dibatasi dengan barisan pegunungan yang memanjang di ujung pandangan bertepian dengan kaki langit. Lapangan ini biasanya digunakan sebagai tempat perkemahan berbagai organisasi. Beberapa kelompok pecinta alam terlihat sedang mengadakan acara, ditandai dengan tenda-tenda yang mereka dirikan. Beberapa keluarga juga tak mau kalah, mereka menghamparkan alas duduk di atas rumput dan mengeluarkan bekal sehingga aroma rekreasi amat kental di tempat ini. Jangan khawatir bagi yang tidak membawa bekal ke sini, karena ada satu kantin yang berdiri tepat di tengah-tengah area wisata.

Selfie dari atas menara di tengah-tengah labirin

Selain itu juga terdapat area peternakan sapi dan pelestarian rusa. Btw, rusanya hanya 1 ekor. Sebelumnya aku sudah pernah ke sini sekitar satu atau dua tahun yang lalu dalam rangka penelitian seorang kakak tingkat. Seingatku setidaknya ada dua ekor sapi di area ini. Entah benar atau aku yang lupa. Sebuah danau juga terdapat tak jauh dari Taman Labirin. Dilengkapi dengan beberapa pendopo untuk tempat bersantai dan berfoto, tempat ini tepat sekali dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga atau pasangan.

Selfie di depan peternakan sapi

Secara keseluruhan, kompleks wisata Tambang Ulang ini amat indah dan memukau. Dihiasi dengan deretan pohon cemara disana-sini, area yang luasnya mencapai hektaran ini merupakan destinasi wisata yang tepat saat akhir pekan.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates