Sunday, November 8, 2015

Minicamp

Widegame anak kelas rendah
Minggu lalu, di sekolah tempatku mengajar ada kegiatan minicamp. Disebut mini, karena perkemahannya tidak dilaksanakan di lapangan atau bumi perkemahan tapi di lingkungan sekolah saja. Selain itu tempat menginapnya pun di ruangan kelas, bukan di tenda. Meskipun begitu, hal tersebut tidak mengurangi "rasa" perkemahan, terlebih karena peserta minicamp adalah anak-anak kota yang jarang jauh dari rumah dan hampir tidak pernah main di alam bebas.

Sebagian besar anak-anak antusias mengikuti kegiatan ini, terutama  bagi kelas 1 dan 4. Kegiatan menginapnya hanya untuk anak kelas 4-6, sedangkan untuk anak kelas 1-3, minicampnya hanya setengah hari saja dan tidak menginap. Bagi kelas 1 mereka senang karena pertama kali ikut widegame, sedangkan kelas 4 mereka antusias karena ini pertama kali pengalaman mereka menginap pada saat  minicamp.

Aku waktu jaga di pos 2
Peserta akhwat tilawah sebelum tidur
Acara inti dari minicamp tersebut adalah wide game. Anak-anak berjalan menjelajah alam bebas bersama teman satu regunya dan menyelesaikan berbagai tantangan yang ada di lima pos dari keberangkatan hingga kembali lagi ke sekolah. Seru sekali! Kebetulan aku kena jaga di pos 2 yang berisi materi tentang Dasa Dharma dan PBB, senang banget bisa terjun kembali ke dunia scouting.


Hal yang membedakan minicamp di sekolah ini dengan perkemahan lainnya yang pernah kualami adalah sisi keagamaannya yang amat dijaga. Alhamdulillah, aku berada di lingkungan yang agamis seperti ini. Untuk wide gamenya ada selipan tugas hafalan surat Al-Quran, doa harian, dan hadits. Keren. Pada saat kegiatan belajar di sekolah pun mereka dibiasakan murajaah (mengulang hafalan) seperti itu, sehingga minicamp dapat dijadikan ajang evaluasi pembelajaran agama. Kebetulan aku juga ikut mendampingi anak-anak kelas 6 akhwat (perempuan) di ruangan kelas saat tidur, sebelum tidur mereka tilawah dulu untuk menyelesaikan tantangan membaca Al-Quran 1 juz selama minicamp berlangsung. Subhanallah.

Upacara Api Unggun

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates