Thursday, August 20, 2015

Tips Menjaga Kesehatan

Beberapa minggu terakhir aku sedang tidak fit. Dua minggu yang lalu aku demam plus batuk-batuk sampai muntah. Perlu berobat ke dua dokter yang berbeda baru benar-benar sembuh. Setelah sembuh, eh nyambung lagi dengan flu ringan hingga sekarang. Aih, udara memang sedang tidak sehat. Musim kemarau sedang melanda, otomatis debunya menjadi sumber penyakit bagi yang punya riwayat penyakit pernapasan sepertiku. Lagipula sepertinya imunitas tubuhku juga sedang jelek. Aktivitasku padat tapi jarang minum suplemen.

Berikut ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan ala aku. Boleh dibilang aku jarang sakit karena disiplin menerapkan tips-tips berikut.

1. Makan teratur
Idealnya sih 3 kali sehari, tapi jika terbiasa hanya 2 kali sehari juga tidak apa-apa asal waktunya sama setiap hari. Makan teratur meskipun tidak dalam porsi banyak membuat pencernaan kita sehat. Setidaknya kita terhindar dari sakit maag.


2. Banyak minum air putih
Jangan pusing mengenai jumlah gelas atau berapa liter air yang harus dikonsumsi. Yang jelas, tubuh punya alarm sendiri ketika ia butuh air. Saat kita haus, usahakan sesegera mungkin kita harus minum. Oleh karena itu sebaiknya kita harus selalu sedia botol minum berisi air di dekat tubuh kita.



3. Minum suplemen
Suplemen dapat berupa susu, vitamin, atau obat penambah tenaga yang terbukti sehat dan cocok untuk tubuh kita. Di masa pancaroba seperti ini, dimana cuaca sering berubah-ubah adalah saat yang tepat untuk mengonsumsi suplemen. Aku pribadi sih biasanya mengonsumsi vitamin C dan minum madu.


4. Olahraga dan jangan malas gerak
Olahraga adalah hal yang cukup susah diteraturkan bagiku. Rutinnya sih aku olahraga cuma 2 minggu sekali, itu pun karena ikutan jadwal di tempat kerja. Cara menyiasatinya adalah dengan banyak bergerak setiap hari. Meskipun hanya berjalan kaki itu juga kan sebenarnya olahraga, tinggal dipanjangin waktunya aja.


5. Pijat
Nah biasanya kalau mulai ada gejala mau sakit seperti pegal, suhu tubuh meningkat, atau sakit kepala aku minta dipijat dulu sama mbok pijat langganan. Sakit-sakit ringan yang biasanya langsung hilang tanpa harus ke dokter. Selain itu pijat juga membantu merilekskan urat dan syaraf yang kaku karena kesibukan rutinitas.


Itu adalah tips menjaga kesehatan dariku. Ingin menambahkan? Silakan tulis di kolom komentar ya ...

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates