Saturday, August 29, 2015

Investasi bagi Pemula

Aku dan suami sepakat untuk menyisihkan sebagian uang bulanan kami untuk investasi. Sebagai orang yang benar-benar baru di dunia investasi (bahkan sekarang masih di pintu gerbang, belum berani masuk), tentu bentuk investasi yang akan kami pilih masih yang sederhana saja. Belum kebayang tentang saham dan surat-surat obligat, sekarang masih harus banyak belajar tentang hal-hal tersebut. Ada 3 bentuk investasi yang salah satunya akan kami pilih menjadi bentuk investasi pertama kami.

1. Beli Emas
Yang terbayang di benakku mekanisme untuk pilihan pertama ini adalah yang paling mudah. Setiap bulan, kami hanya perlu menyisihkan uang sekian rupiah untuk dibelikan emas (batang/perhiasan) untuk kemudian disimpan di rumah atau di bank selama sekian tahun tergantung tujuan finansial keluarga.

2. Ikut Program Cicilan Emas
Di bank tempat rekening suami terdaftar, ada program cicilan emas dengan jangka waktu 2-5 tahun. Nasabah membayar 20% uang muka dari total harga emas saat ini, selanjutnya cicilan perbulan disesuaikan dengan waktu yang diinginkan oleh pembeli. Ketika cicilan sudah lunas, emas batangan sekian (kilo)gram dapat kita ambil atau disimpan di bank tersebut atau juga boleh dijual

3. Ikut Asuransi
Meskipun asuransi identik dengan program perlindungan jiwa, namun sekarang ini ada berbagai produk asuransi yang bentuknya investasi. Ada satu perusahaan asuransi yang sudah ku-kepo-in produknya dan aku tertarik dengan asuransi pendidikan untuk anak. Tahu sendiri kan ya biaya pendidikan makin lama makin mahal, mempersiapkannya sejak dini adalah salah satu solusi sekaligus investasi juga karena ada sistem bagi hasil disana.

Sekali lagi kami benar-benar baru dalam dunia investasi, jadi masih belum bisa memutuskan diantara ketiga bentuk investasi tersebut mana yang akan kami pilih. Btw, jika kamu punya rekomendasi atau tips tentang investasi bagi pemula silakan bagi di komentar di bawah ya. . .

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates