Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Selamat Datang di Taman Kanak-kanak!

Posting Komentar
Masa kanak-kanakku sangat menyenangkan, ya bahkan dengan hanya secuil ingatanku saat itu. Aku terlahir di Banjarbaru, sebuah kota dimana mama dan bapa merantau setelah menikah. Sebelum adik lahir tentu saja aku menjadi ratu di keluarga kecil mereka berdua. Bahkan setelah adik terlahir pun aku merasa tak kekurangan kasih sayang dari keduanya hingga sekarang.

Usia TK pun tiba, aku disekolahkan di sebuah TK yang letaknya cukup jauh dari rumah. Setiap pagi mama mengantarku kesana dengan sepeda dan menungguku sampai pulang. Kalau bukan mama yang mengantar dan menungguiku adik mama yang melakukannya, beliau waktu itu tinggal di rumah karena membantu mama mengurus dua balita.

bsmbanjarbaru.wordpress.com

Di TK tersebut ada beberapa serpihan kenangan yang tak kulupa. Masih ada beberapa nama teman yang kuingat. Salah satunya adalah Febra, aku ingat rambutnya ikal kriwil-kriwil. Belasan tahun kemudian ketika acara himpunanku mengadakan lomba mewarna untuk TK, seorang teman seangkatan menyelutuk. TKku ikut ga ya, katanya sambil celinguk-celinguk. Emang TKmu dimana, tanyaku. Disebutkannyalah nama TK dan alamatnya. Astaga ternyata itu TKku dulu! Hei langsung kubilang kalau kita seangkatan sekarang, mungkin pula kita juga satu kelas waktu TK. Benar juga katanya, tapi dia lupa apakah pernah punya teman TK dengan namaku. Nah aku kemudian teringat dengan si Febra dulu, padahal nama teman kuliahku ini adalah Febri, laki-laki pula. Mungkinkah itu kamu, tanyaku? Bisa jadi katanya sambil mengacak-acak rambutnya yang ikal. Aku tak bisa memastikan karena tak punya foto angkatan. Ya dulu itu aku keburu pindah ke kampung halaman mama dan bapa sebelum acara perpisahan TK dilaksanakan. Hiks.

My face at 5th years old ^^

Ada pula dulu itu seorang kakak tingkat kelas B, waktu aku masih kelas A, yang sok banget. Ya ampun waktu TK aja sikap senioritas sudah eksis ya. Wajahnya sombong banget, ckck. Hal lain yang kuingat adalah perayaan ulang tahun setiap siswa ketika tanggal lahirnya di hari sekolah. Aku ingat kado yang paling sering kuberikan pada teman yang sedang berulang tahun adalah satu paket jelly yang berisi 4 cup. Aih, manis sekali kenangannya. Dulu kalau jam pelajaran olahraga, kita sering jalan-jalan ke taman kota yang memang tidak terlalu jauh lokasinya dari TK. Seragamnya kuning-hijau, masih sama dengan sekarang.

Di awal tahun 2010 ketika aku mulai kuliah aku sengaja berkunjung ke TKku tersebut. Sayang waktu itu siswa-siswanya sudah pada pulang, tinggal beberapa anak yang menunggu jemputan orang tuanya. Jadilah beberapa kali jepretan di sana mewakili kenangan yang tersisa.




Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar