Wednesday, May 20, 2015

Felix Wants to be Rich #1 dan #2

Judul : Felix Wants to be Rich #1 & #2
Penulis : Nikolaus Piper & Song Dong Geum
Penerbit : Bentang Belia
Tahun terbit : 2013

Genre buku ini adalah ekonomi. Ralat, ini bukan buku tapi komik. Yup, genrenya adalah komik ekonomi untuk anak-anak. Mengapa aku rela "menghabiskan waktu" untuk membaca komik anak-anak, tema ekonomi pula. Pertama, aku tidak suka teori ekonomi yang njelimet sehingga komik ekonomi dengan tokoh anak-anak ini dapat membuatku belajar sekaligus terhibur. Kedua, karena aku mulai tertarik dengan bisnis tentu saja pengetahuan tentang ekonomi dan peristilahannya yang terdapat dalam buku ini harus kuketahui. Ketiga, buku ini merupakan investasi yang bagus untuk anak-anakku kelak sehingga mereka tidak buta bisnis seperti ibunya ini.

Komik ini sebenarnya terdiri dari 4 seri. Tapi aku hanya membeli dan membaca 2 seri pertama saja, karena kulihat pembahasannya semakin rumit dan tidak (atau belum?) relevan dengan kondisi bisnisku sekarang. Seri 1 dan 2 membahas tentang uang dan investasi. Sedangkan seri 3 dan 4 membahas tentang uang, inflasi, ekspor, dan impor. Dalam komik ini sebenarnya juga ada "kolom pelajaran"nya yang memuat penjelasan mengenai hal-hal yang diceritakan dalam komik. Itupun pada beberapa bagian masih ada yang kulewati, karena penjelasannya yang cukup panjang dan rumit. Hehe.

Komik ini pada awalnya adalah sebuah buku yang ditulis oleh Nikolaus Piper, seorang ekonom dari AS. Song Dong Geun, seorang ilustrator dari Korea kemudian mengubahnya menjadi sebuah komik yang ditujukan untuk anak-anak agar mereka lebih tertarik untuk mengetahui perekonomian dunia.

Tokoh utama dalam komik ini tentu saja bernama Felix, Felix Blum tepatnya. Temannya bernama Peter Walser. Bersama Janna Jampiere, mereka mendirikan sebuah "perusahaan" yang mereka beri nama Heinzelkids yang memiliki proyek "menjadi orang kaya". Yeah, mereka melakukan berbagai usaha untuk mengumpulkan uang. Mulai dari mengantarkan roti, memotong rumput, sampai membuka peternakan ayam. Wah-wah. Keren sekali yak. Anak-anak memang perlu membaca buku ini. Agar mereka terinspirasi dan tidak hanya memikirkan untuk menghabiskan waktu dengan bermain-main.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates