Wednesday, February 25, 2015

99 Bisnis Ibu Rumah Tangga

Judul: 99 Bisnis Ibu Rumah Tangga
Penulis: Malahayati
Penerbit: Penebar Plus+
Tahun terbit: 2009
Siapa bilang ibu rumah tangga hanya dapat berkecimpung di dapur dan kasur? Seorang ibu juga dapat mengembangkan kemampuan diri dan menerapkan ilmu yang dimiliki dalam kehidupan nyata. Menjadi pebisnis adalah salah satu caranya. Menjadi mompreneur juga dapat membantu suami dalam menambah penghasilan keluarga Anda. Buku ini memaparkan 99 usaha yang dapat digeluti oleh seorang ibu rumah tangga. Disajikan juga tips dan trik dalam menghadapi lika-liku menjalankan bisnis. Tidak hanya itu, buku ini juga menghadirkan kisah inspiratif dari beberapa mompreneur sukses yang dapat menggugah Anda untuj mengikuti jejak kesuksesan mereka. Ayo, jadi mompreneur sekarang!
**

Aku senang sekali waktu pertama kali bisa beli buku ini. Disaat gairah bisnisku sedang tinggi-tingginya buku ini hadir seperti air minum pelepas dahaga. Ya, buku 300 halaman ini berisi tentang bisnis-bisnis apa saja yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Jumlahnya benar-benar 99 buah seperti yang tertera pada judulnya.

Di setiap bisnis yang disajikan terdapat tahap persiapan, pelaksanaan, cara promosi dan pemasaran, hambatan, serta analisis usaha. Yang cukup membantu menurutku adalah analisis usahanya ini. Kita jadi tahu cara perhitungan untuk mengetahui laba/rugi di bisnia yang akan kita jalankan.

Dari penampakan cover dan layout isi, buku ini enak dilihat dan juga nyaman untuk dibaca. Cara penyampaian penulis yang "sederhana" pun membuat buku ini ringan untuk dikonsumsi saat santai.

Kekurangan buku ini menurutku adalah tulisan-tulisan selain tentang jenis bisnis sangat singkat, tidak dibahas dengan detail sehingga terkesan seadanya. Misalnya tulisan tentang alasan memutusakan menjadi momprenur dan kisah-kisah mompreneur yang sudah sukses. Selain itu tidak ada pengelompokan jenis bisnis pada 99 bisnis yang disajikan. Jadi semuanya dicampur jadi 1 tidak berurutan, tidak ketahuan yang mana saja bisnis makanan, bisnis jasa, ataupun bisnis fashion. Boleh jadi pembaca yang lain  sama denganku yang hanya membaca jenis bisnis yang membuat ia tertarik saja.

Ada beberapa jenis bisnis ini yang mungkin akan kukembangkan di masa depan. Diantaranya adalah menjadi penulis dan membuka bimbingan belajar. Doakan ya. Semoga kita semua sukses menjadi mompreneur.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates