Saturday, February 21, 2015

Bedah Pikiran Melalui Diktat Bisnis

Judul : Diktat Bisnis Mahasiswa Galau
Penulis : Vivi Al-Hinduan
Penerbit : Graha Duta Publisher
Tahun terbit : 2012

Hanya dengan kekuasaan Tuhan lah aku bertemu dengan buku ini di bookfair beberapa waktu yang lalu dan membelinya hanya dengan harga 10k! Disaat otak dan hatiku sedang bergemuruh dengan bisikan bisnis, bertemu dengan buku ini adalah salah satu cara untuk menambah ilmuku tentang bisnis dan meluapkan kegairahanku terhadap bidang yang satu ini.

Buku ini dibuka dengan bab yang berjudul Renungan. Aku benar-benar merasa ditampar setelah selesai membaca bab ini. Bagaimana tidak, isi renungan di bab ini adalah kritisi terhadap sistem yang berlaku umum di dunia pendidikan. Ah, belum-belum menengok ke fakta menyedihkan di dunia pendidikan akhir-akhir ini. Fundamental pendidikannya saja tidak mengajarkan bagaimana pelajar dapat bertahan di dunia nyata selepas sekolah/kuliah.

Renungan-renungan tersebut berisi antara lain tentang:
1. Sistem yang tidak menghargai proses
2. Sistem yang hanya menyuruh pelajar menghafal bukan memahami (Parrot Learning System)
3. Sistem sekolah yang berfokus pada nilai
4. Sistem pendidikan yang seragam-sama
5. Sekolah adalah institusi pendidikan yang tidak pernah mendidik
6. Sistem pendidikan berbasis kelas dan teori
7. Sekolah yang menghakimi anak dengan sistem rangking
8. Sistem pendidikan yang tidak memiliki tujuan jelas
9. Sistem ujian berbasis tulisan
10. Pandangan yang rendah terhadap mata pelajaran non-eksakta
11. Fenomena sekolah unggulan


Jlebb banget lah pokoknya kalau dibaca. Apalagi oleh aku yang notabene adalah anak eksakta, beruntung pola pikirku tidak seeksak itu, karena aku yakin di luar sana ada sebuah ketidakpastian menunggu kita untuk diraih.

Bab 2 membahas tentang glancing Indonesia, sejarah, dan permainan uang. Bab ini benar-benar membuka mataku tentang dunia keuangan dunia. Aku yang hanya satu tahun belajar ilmu ekonomi tentu saja merasa surprise dengan fakta-fakta dibalik arus pertukaran uang.

Bab-bab selanjutnya sangat mudah kunikmati. Aku yang sedang haus ilmu bisnis tentu saja dengan cepat menyelesaikan bacaan buku ini yang hanya berjumlah 164 halaman ini. Buku ini disajikan dengan isi kompilasi jurus bisnis para pebisnis ulung seperti Valentino Dinsi, Tung Desem Waringin, dan Bong Chandra.

Di bagian akhir buku ini terdapat bonus tentang mengenal investasu bagi pemula. Nah, ini! Aku tambah senang jadinya.

Hanya satu kekurangan buku ini menurutku. Layout covernya kurang menarik sehingga bagi yang tidak mencermati judul dan blurb di sampul belakang mungkin akan berpikir 2 kalu untuk membeli atau bahkan membaca buku ini.

1 comments:

Entrepreneur Kreatif said...

salam kenal, Rindang :) saya juga sudah baca buku itu. bagus, ya :) main2 dong ke blog saya :)

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates