Wednesday, February 11, 2015

Banjir Jakarta, Bencana Indonesia

Beberapa hari terakhir pemberitaan di media dipenuhi dengan kabar dari ibukota tentang banjir yang menimpanya. Tidak bisa dipungkiri banjir yang mengepung Jakarta tersebut sangat mengganggu aktivitas harian para pekerja. Baik yang bekerja di kantoran, apalagi yang bekerja di jalanan. Di satu media aku mendengar bahwa kerugian yang diakibatkan oleh banjir di Jakarta ini mencapai sekian M per harinya. Wow, fantastis sekali.

Hal ini bisa dimaklumi karena Jakarta selain ibukota negara juga merupakan pusat bisnis Indonesia. Bahkan salah satu mall besar di sana terpaksa ditutup sementara karena berbagai kendala yang disebabkan oleh banjir. Oleh karena itulah banjir Jakarta bisa jadi bencana untuk seluruh Indonesia. Berbeda halnya dengan bencana banjir di daerah lain di Indonesia, meskipun skala bencananya lebih parah daripada banjir Jakarta. Eksposnya tidak sesering yang kulihat si tv beberapa hari terakhir ini. Misalnya di Bandung, banjir yang datang tingginya mencapai hampir 2 meter.

luqmanmarzuki.com

Semoga bencana di Indonesia bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Karena ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi kita juga sebagai masyarakat. Selain melakukan berbagai solusi untuk menghentikan bencana, kita juga harus meminimalisir penyebabnya. Percayalah kontribusi positif sekecil apa pun akan bermanfaat bagi negara dan bumi kita.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates