Sunday, January 11, 2015

Masalah dalam Bekerja

Bekerja apa pun dan di mana pun selalu ada masalah yang menyertai. Masalah-masalah tersebut jika tidak diatasi, akan berpengaruh pada hasil kerja. Secara umum, permasalahan dalam bekerja terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

1. Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang datang dari dalam diri pekerja, misalnya kondisi tubuh yang tidak sehat, jenuh, dan tidak bersemangat. Perasaan jenuh biasanya hadir karena rutinitas yang dihadapi pekerja dalam waktu yang lama. Pekerja yang tidak bersemangat biasanya dikarenakan si pekerja kurang menyukai apa yang dikerjakan atau karena jenuh. Kondisi tubuh yang kurang sehat bisa disebabkan oleh terpaksanya tubuh melakukan banyak pekerjaan tanpa istirahat.

2. Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah faktor yang datang dari luar diri pekerja. Ada banyak bentuk dari faktor eksternal, seperti peralatan kerja yang rusak, suasana di tempat kerja yang kurang nyaman, serta pekerjaan yang terlalu banyak tapi harus dikerjakan dalam waktu yang singkat. Peralatan kerja yang rusak dapat disebabkan oleh terlalu tuanya umur alat-alat tersebut atau perawatan alat yang kurang diperhatikan. Suasana yang kurang nyaman bisa disebabkan oleh sempitnya ruangan, ruangan berantakan, atau suasana yang gaduh. Sedangkan untuk menghasilkan pekerjaan yang bagus harus didukung dengan lingkungan kerja yang rapi, bersih, dan tenang.


ldiipurwakarta.wordpress.com

Lalu, bagaimana cara mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut? Jika permasalahan berasal dari diri pekerja, maka si pekerja harus memastikan dirinya telah siap dan fit dalam bekerja. Faktor-faktor yang mengganggu harus dikesampingkan terlebih dahulu. Jika yang mengganggu adalah perasaan bosan atau tidak bersemangat, harus dihilangkan terlebih dahulu dengan refreshing. Bisa dengan cara bepergian ke tempat rekreasi, melakukan sesuatu yang baru, atau bahkan hanya dengan tidur lebih lama. Jika kondisi tubuh tidak fit, maka yang perlu dilakukan adalah pergi ke dokter dan beristirahat yang cukup.

Untuk mengatasi permasalahan yang datang dari luar diri pekerja, seperti peralatan untuk bekerja yang rusak pekerja harus berusaha memperbaiki peralatan tersebut atau meminta bantuan teknisi yang ahli. Jika pekerja bekerja di sebuah perusahaan, sebaiknya segera membicarakan kerusakan alat tersebut dengan pimpinan di tempat bekerja. Jika yang terjadi adalah suasana tempat kerja yang kurang mendukung, membicarakan hal ini dengan atasan juga perlu dilakukan. Jika atasan belum.bisa mengatasi, maka yang harus kita atasi adalah perasaan diri yang kuat agar tidak terpengaruh dengan segala ketidaknyamanan tersebut dalam produktivitas kerja. Jika mungkin, hindari hal-hal yang mengganggu tersebut.

Masalah terlalu banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang sedikit harus diatasi dengan manajemen waktu yang tepat. Kerjakan yang paling mendesak dan penting terlebih dahulu, lalu kerjakan yang deadlinenya cepat meskipun kurang penting, selanjutnya kerjakan yang penting meskipun tidak mendesak, dan jika masih ada waktu kerjakan hal yang kurang penting dan tidak mendesak. Satu yang harus diingat dalam manajemen waktu yang baik, hindari menunda-nunda dan menumpuk pekerjaan.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates