Sunday, December 28, 2014

Maulid Nabi Muhammad SAW

Sudah mulai memasuki bulan maulid lagi nih. Bulan ini termasuk salah satu bulan yang istimewa di daerah asalku. Bulan maulid atau nama "formal"nya adalah bulan Rabiul Awal adalah bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, tepatnya pada tanggal 12 Rabiul Awal. Tahun ini, 12 Rabiul Awal jatuh pada tanggal 3 Januari 2015. Yeaay, tanggal merah lagi. Hehe

Mengapa bulan Rabiul Awal istimewa di daerahku? Karena pada bulan ini masyarakat yang beragama Islam akan bersuka cita merayakan hari kelahiran Rasullah tersebut. Perayaannya berupa selamatan dengan mengundang kerabat dan teman-teman keluarga. Yang membuat rame adalah selamatan ini biasanya diadakan oleh 1 kampung berbarengan. Jadi di setiap rumah pada waktu yang sama menjamu para tamu. Selain undangan makan untuk para tamu, acara maulid nabi juga ditandai dengan adanya syair-syair habsyi yang dinyanyikan oleh jamaah laki-laki untuk menyanjung Nabi Muhammad. Bahkan ada yang mengiringinya dengan tabuhan rebana.

ratibalhaddad.com

Sebenarnya ini adat saja. Tapi entah mengapa jadi seperti agenda wajib tiap tahun. Selain mengadakan selamatan atau maulidan, kita juga harus menghadiri undangan dari kerabat atau teman yang juga mengadakan maulidan. Aku kemarin kebetulan sedang pulkam ketika 1-4 Rabiul Awal, di ke-4 hari tersebut selalu ada undangan Maulid. Waktunya bisa pagi dari sekitar jam 8 hingga siang hari atau jam 4 sore sampai malam. Aku dan keluarga terkadang harus membagi diri untuk menghadiri undangan-undangan tersebut. Menurutku, selain menghidupkan kecintaan kita pada Rasulullah, acara ini juga efektif untuk menyambung tali silaturahmi.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates