Thursday, October 30, 2014

Sakinah di Dunia, Bahagia di Akhirat

Judul : Doa-Doa untuk Pengantin
Penulis : Sita Simpati
Penerbit : Mizania
Tahun terbit : 2012
Selain buku Sebelum Aku Menjadi Istrimu, buku ini juga merupakan salah satu buku penuntunku menuju ke jenjang pernikahan. Ada banyak hal yang dibahas dalam buku ini, dari kiat menemukan pasangan hidup terbaik, tuntunan menjalani proses pernikahan yang halal dan berkah, sampai doa-doa untuk suami istri dalam menjalani pernikahan.Intinya buku ini bertujuan agar kita bisa membangun keluarga yang sakinah di dunia dan bahagia di akhirat.

Di bab pertama, yang berjudul Karena Aku Ingin Bahagia dipaparkan penjelasan bahwa menikah itu merupakan ibadah yang sangat tinggi nilainya. Ada banyak alasan mengapa kita harus menikah, antara lain karena menikah adalah separuh dari agama, menikah dapat menjauhkan kita dari buasnya nafsu syahwat, derajat orang yang menikah lebih tinggi daripada orang, menikah juga merupakan salah satu jalan agar Allah memberikan pertolongan, di setiap detik pasangan yang menikah bernilai ibadah jika diniatkan dan dilakukan dengan benar, menikah juga merupakan kunci untuk membuka pintu surga, menikah merupakan salah satu cara berjihad di jalan Allah, serta menikah merupakan jalan untuk mendapatkan limpahan rezeki.

Bab kedua yang berjudul tentang Wanita yang Baik untuk Laki-laki yang Baik berisi tentang bagaimana cara menemukan pasangan terbaik. Berdasarkan hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim bahwa wanita dipilih karena empat perkara yaitu kecantikan, keturunan, harta, dan agamanya. Maka pilihlah yang paling baik agamanya. Setidaknya yang paling harus kita pahami adalah ketika kualitas diri kita baik, maka inshaallah kita juga akan mendapatkan pasangan yang baik. Ingin mencari pasangan terbaik? Yuk perbaiki diri sendiri terlebih dahulu.

Selanjutnya terdapat pembahasan tentang bagaimana cara agar membuat cinta dapat bertahan. Karena seperti yang umum kita ketahui, cinta jauh lebih susah dipertahankan daripada didapatkan. Ssst, ada pembahasan tentang adab-adab untuk malam pengantin juga lho.

Buku-buku ini juga dilengkapi dengan kisah-kisah pengantin pilihan. Pengantin dengan kehidupan pernikahan yang mesra hingga akhir hayat, termasuk di dalamnya adalah kisah tentang cinta sejati mantan presiden kita pak Habibi dan sang istri, ibu Ainun. Kisah-kisah tersebut tak ada tandingannya, sekali pun dengan cerita cinta sejuta umat, Romeo dan Juliet yang sad ending.

Nah seperti judul bukunya, di bagian penutup buku ini terdapat doa-doa untuk pengantin. Ada banyak doa-doa pendek yang ditujukan khusus untuk pengantin. Contohnya doa agar diberi anak yang saleh, doa malam pertama, doa agar keluarga bertakwa, doa mendapatkan rezeki yang berkah, serta doa-doa yang lainnya.

Dari segi bahasa, buku dengan tebal 194 halaman ini mudah dipahami dan enak dibaca. Informasi yang terdapat dalam buku ini juga sangat berguna bagi pasangan yang akan menikah, pasangan yang sudah menikah, atau bahkan bagi jomblo yang belum menemukan pasangan juga boleh membacanya. Hihi.

Dibandingkan dengan buku Sebelum Aku Menjadi Istrimu, buku ini lebih mengandung konsep dasar dari pernikahan. Sedangkan buku Sebelum Aku Menjadi Istrimu, selain konsep juga terdapat beberapa tips praktis yang berkaitan dengan persiapan pra-nikah.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates