Wednesday, September 10, 2014

Cek Kesehatan di Expo Kalsel 2014

Yuk, cek kesehatanmu sekarang juga!

Salah satu stand yang kusukai dari expo adalah stand kesehatan. Karena di sana biasanya mereka membuka cek kesehatan gratis buat para pengunjungnya. Berbeda denganku, beberapa teman malah takut memeriksakan kesehatan dirinya. Takut ketahuan punya penyakit serius, begitu alasan mereka. Tapi menurutku jika hasil pemeriksaannya buruk, setidaknya kita jadi tahu kondisi fisik pribadi dan dapat melakukan langkah pencegahan atau pengobatan sesegera mungkin.

Seperti pada Expo Kalsel tahun 2014 ini ada banyak stand kesehatan yang menyediakan fasilitas cek kesehatan. Salah satunya adalah stand kampus STIKES Muhammadiyah Banjarmasin. Ada beberapa cek kesehatan gratis disana, tapi juga ada tes kesehatan yang berbayar. Disana aku cek tekanan darah, asam urat, dan gula darah. Untuk 2 parameter yang terakhir aku bayar biaya reagen masing-masing 5000 rupiah. Hasilnya gula darahku normal, kandungan asam urat dalam tubuhku tinggi, dan tekanan darahku sedikit rendah.

Hasil cek gula darah, asam urat, dan tekanan darah

Asam urat di tubuhku lebih tinggi daripada baku mutu tubuh yang sehat. Wah, harus lebih menjaga pola makan nih dengan membatasi makan kacang-kacangan, seafood, telur, dan makanan yang berpurin tinggi. Tekanan darahku rendah sepertinya disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuhku. Aaak, harus rajin makan (sehat) kalau begini.

Di stand Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, aku dan temanku periksa lemak tubuh menggunakan alat yang bernama body fat monitor. Hasilnya berat badanku kurang ideal, seharusnya 45 kg yang tertimbang hanya 39,2 kg. Indeks massa tubuhku adalah 17,42 dan itu termasuk dalam kategori Kurus. Ya iyalah, tanpa dicek pun sudah kelihatan faktanya. Hehe. Total lemak tubuhku rendah, namun lemak viseralku normal. Dan yang paling menyenangkan adalah usia tubuhku 4 tahun lebih muda daripada umur sebenarnya. Siapa yang tidak senang coba? Hehe. Ini kebalikan dengan temanku yang bertubuh agak gemuk, usia tubuhnya beberapa tahun lebih tua dari umur sebenarnya.

Hasil pemeriksaan lemak tubuh

Di stand Jurusan Psikologi Fakultas Kedokteran Unlam kami juga melakukan tes psikologi. Metodenya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditampilkan di layar komputer. Jawaban harus sesuai dengan apa yang dialami dan dirasakan oleh pribadi masing-masing. Hasilnya langsung ditampilkan dilayar dan dicetak pada saat itu juga. Alhamdulillah, tingkat stressku sedang. Artinya selama ini aku sudah bisa mengelola stress dengan baik.

Hasil tes psikologi

Di stand Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, aku dan temanku cek kesehatan jiwa atau kepribadian. Caranya kami disuruh menjawab beberapa pertanyaan pada sehelai kertas sesuai dengan kepribadian kami. Voila, aku termasuk ke dalam tipe orang yang Dominan Akurat. Kekuatan dan kelemahan orang berkepribadian Dominan Akurat terpapar dalam lembar hasil yang boleh dibawa pulang. Sebagian besar memang sesuai dengan kepribadianku sehari-hari, tapi ini menurutku sih belum tentu kalau orang lain di sekitarku yang menilai

Hasil tes kecenderungan pribadi 


Seru kan? So, jangan takut cek kesehatan. Apalagi sebagian besar cek kesehatan yang ditawarkan di expo biasanya gratis tis tis. Yuk ah, mulai lakukan cek kesehatan. Selamat mengenali dirimu sendiri.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates