Wednesday, August 13, 2014

Mau Hidup Mudah? Ayo, Ubah Mindsetmu!

Beberapa waktu terakhir ini aku sedang belajar mengelola pikiranku untuk mempermudah hidupku. Bahasa kerennya sih mengubah mindset. Ada banyak buku yang kubaca mengenai hal ini, bahwa mengubah mindset bisa mempermudah hidup kita. Kamu adalah yang kamu pikirkan, mungkin itu adalah ungkapan yang tepat berkaitan dengan hal ini.

Kamu bisa, jika berpikir bisa. Ini benar, setidaknya bagiku. Misalnya saja dalam kasusku. Aku terbiasa tidur siang. Namun sejak memulai penelitianku di lab beberapa bulan yang lalu, kebiasaanku ini mulai terganggu. Karena jika ingin cepat menyelesaikan penelitin ini, aku paling tidak harus bekerja minimal sampai jam 2 siang setiap harinya. Maksimalnya sih bisa melewati batas waktu kerja teknisi lab yang pulang jam 4 sore. Tapi apa mau dikata, setelah jam makan siang, aku sudah loyo. Kurang bersemangat dan ngantuk.

Sejak sekitar sebulan yang lalu, aku mencoba mengubah mindset bahwa jika tidak tidur siang itu tak apa-apa. Bahwa jam kerja itu adalah sampai jam 6 sore. Mindset ini kutanamkan dalam memoriku. Dengan begitu, hari-hariku menjadi lebih bersemangat kini, bahkan ketika jam tidur siangku tiba. Ya hanya dengan mengubah mindset, sedikit masalah terpecahkan!

http://behappyblog.tumblr.com/
Ini juga bisa dicoba untuk hal-hal yang lebih besar. Coba saja, aku sudah membuktikannya. Kini hidupku menjadi sedikit lebih mudah karena aku telah mempersiapkan batinku bahwa kesusahan hari ini bukanlah apa-apa jika dibandingkan kesenangan esok hari.

Meski harus digarisbawahi, dengan mengubah mindset bukan berarti masalah tidak akan datang menimpa. Hanya saja, kita menjadi lebih lapang meski cobaan sebesar batu gunung menghadang kita. Berbeda dengan orang yang mindsetnya jelek terhadap segala sesuatu. Rintangan yang ringan saja jauh terasa lebih berat ia rasakan, apalagi cobaan yang berat. Duh, sungguh hidup yang sulit teman!

Ingin hidupmu mudah? Ayo, ubah mindsetmu!

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates