Friday, August 1, 2014

Ajari Anak Mencintai Rasulullah Sejak Dini

Judul : How To Love Rasulullah
Penulis : Mujiyo Nurkholis
Penerbit : DAR! Mizan
Tahun terbit : 2006
Tidak mudah untuk menjabarkan tafsir hadis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. Namun, buku How To Love Rasulullah ini menurutku berhasil mengatasi kesulitan tersebut. Buku ini memang ditujukan untuk anak-anak agar anak-anak mencintai Rasul sejak dini.

Dengan jumlah halaman 235, buku ini tergolong ringan. Dengan satu pembahasan maksimal 3 halaman, dijamin pembaca tidak akan merasa bosan. Cara penyampaian penulis yang cocok untuk anak SD juga akan sangat menarik minat baca anak-anak. Di setiap bagian juga dilengkapi dengan ilustrasi dan contoh perbuatan serta perumpamaan sederhana yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Buku ini terdiri atas 3 bagian utama, yaitu Menjadi Orang Penyayang, Menjadi Orang Beriman, dan Ini Lho yang Paling Penting.

Pada bagian pertama dibahas sifat-sifat orang penyayang yang perlu diteladani dari Rasul seperti menyayangi teman, menyayangi orang tua, peduli, dan suka menolong. Pada bagian kedua, terdapat ciri-ciri orang beriman seperti rajin datang ke masjid, cinta damai, tidak mencaci, dan memerhatikan hak-hak sesama muslim. Sedangkan untuk bagian yang ketiga membahas hal-hal yang paling penting yang harus dipahami oleh seorang muslim. Dibagi menjadi beberapa sub-bagian seperti malu bagian dari iman, memelihara kesucian, pedoman orang beriman, dan kehidupan setelah mati.

Tidak hanya cocok untuk anak-anak, buku ini menurutku juga cocok dibaca bagi orang dewasa yang ingin belajar agama dari buku tanpa merasa digurui. Karena di dalam buku ini tertulis hadis-hadis serta periwayatnya pada setiap pembahasan. Penulis sendiri adalah seorang dosen ilmu hadist di fak Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sehingga inshaallah isi buku ini bisa berkualitas dan membawa manfaat bagi pembacanya.

Semoga tujuan dari penulisan buku ini, yaitu mengajari bagaimana cara mencintai Rasululllah sejak dini kepada anak dapat tercapai. Bagi emak-emak yang ingin anaknya punya wawasan tentang Rasul, wajib membacakan atau menyuruh anaknya untuk membaca buku ini.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates