Monday, July 28, 2014

Tujuh Persiapan Menyambut Lebaran

Tujuh hal yang harus disiapkan menjelang lebaran, yaitu:

Persiapan hati
Yup, ini yang paling perlu disiapkan nih. Persiapan hati artinya kita harus memahami benar-benar, apa sih esensi sebenarnya dari lebaran itu. Apakah benar kita sudah menang di lebaran kita kali ini? Apakah target-target ramadhan kita sudah tercapai semua? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang menggiring kita pada satu kesimpulan bahwa kita telah siap menyambut lebaran. Yang paling penting adalah kita harus berniat bahwa setelah Ramadhan tahun ini, kita harus menjadi pribadi yang lebih baik dari pribadi sebelum Ramadhan.

Meminta maaf
Meskipun kita merasa tidak pernah melakukan kesalahan kepada orang lain, minta maaflah terlebih dahulu. Karena bisa saja kita tidak sengaja melakukan sesuatu dalam setahun terakhir ini yang  menyakiti hati orang lain. Selain itu, jika ada orang yang meminta maaf, maafkan dengan tulus. Lebaran akan semakin indah dengan hati bersih karena telah dicuci dengan puasa dan saling memaafkan kesalahan.

Membayar zakat fitrah
Sebenarnya zakat fitrah boleh diantar kapanpun selama bulan Ramadhan sebelum shalat Idul Fitri. Tapi biasannya di kampung-kampung, mengantar zakat fitrah dibarengkan ketika malam lebaran. Siapkanlah barang yang akan dizakatkan sesuai jumlah atau takarannya dengan jumlah anggota keluarga. Pastikan pula orang yang diberi zakat benar-benar membutuhkan.

kerockan.blogspot.com

Menyiapkan perlengkapan shalat Idul Fitri
Perlengkapan shalat ini meliputi mukena, peci, sajadah, dan baju yang digunakan ke masjid. Tidak perlu baru, asal bersih, rapi, dan wangi. Tak akan ada orang yang mencela kok jika kita tidak memakai baju baru (beli).

Menyiapkan mudik
Yang rumahnya di kota dan akan berlebaran di kampung, siapkan segala sesuatu untuk perjalanan mudiknya. Bagi yang rumahnya akan didatangi sebagai tempat mudik, siapkan tempat senyaman mungkin untuk keluarga yang akan menginap di rumah kita.

Membersihkan rumah
Bersih-bersih rumah wajib dilakukan ketika menyambut lebaran, karena akan ada lebih banyak tamu yang datang ke rumah saat lebaran dibandingkan hari-hari biasa. Ga mau kan, rumah terlihat tidak bersih ketika tamu datang berkunjung?

Menyiapkan penganan
Selain untuk disuguhkan ke tamu-tamu yang datang, penganan tentunya juga bisa dinikmati oleh keluarga di rumah. Tidak ada salahnya memasak sesuatu yang beda dan istimewa di hari yang juga istimewa tersebut.

#30HariNgeblogTemaRamadhan

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates