Friday, July 4, 2014

Sebaiknya Bersahur ...

Pernah puasa tanpa makan sahur? Aku pernah, tapi jarang. Meskipun susah bangun sahur, aku mengantisipasi hal ini dengan meminta orang-orang di sekitarku untuk membangunkanku ketika waktu sahur tiba.

Terakhir, puasa tanpa bersahur sepertinya kualami bersama mama. Bertahun-tahun yang lalu. Karena kami hanya berdua di rumah dan mama tidak terbangun, otomatis kami hanya menemui azan subuh telah menggema ketika berniat makan sahur.

miqbal20.blogspot.com

Di hadist disebutkan bahwa dalam makanan sahur terdapat berkah dan hukumnya sunah. Sayang kan kalau dilewatkan? So, jangan sampai ketinggalan sahur. Cari cara apapun agar selalu bisa bangun sahur, plus minimalisir hal-hal yang membuat kita terlambat bangun sahur.

Pengalaman seorang teman nih, gara-gara nonton Piala Dunia sampai jam 2 dini hari. Dia jadi kebablasan tidur hingga jam 8 pagi! Niatnya sih, jam 2 itu tidur dulu sampai jam 4 bangun lagi untuk bersahur. Siapa sangka, mata bisa saja berkhianat bukan? Hehe.

Jika pun ingin bergadang juga, antisipasilah dengan makan malam dengan niat sahur saat sebelum tidur setelah begadang. Kalau tidak terbangun lagi saat sahur, paling tidak ada sudah ada “tabungan makanan” di dalam perut.

Tapi paling baik sih tidak perlu begadang demi sesuatu yang tidak lebih penting dari agama, kecuali kamu bisa menjamin ibadah oke meski tetap begadang. Lagian, sesuatu yang disunahkan pasti ada hikmahnya. Sahur misalnya, manfaat utamanya adalah agar tidak membuat kamu loyo berpuasa dan mencegah kamu menghalalkan aksi tidur seharian gara-gara tidak bersahur. 

Toh, sahur juga disunahkan di akhir waktu bukan? Artinya agar waktu kosong perut kita optimal, makanya juga disunahkan berbuka dengan segera ketika maghrib telah tiba. Jadi, sebaiknya bersahur ...

#30HariNgeblogTemaRamadhan

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates