Saturday, July 26, 2014

Kegembiraan Orang Berpuasa

Ada banyak sekali hikmah puasa. Salah satunya adalah mendatangkan kegembiraan di hati orang yang menunaikannya. Kegembiraan tersebut ada dua, yaitu gembira ketika waktu berbuka dan gembira ketika bertemu dengan-Nya suatu hari nanti. Oleh karena itulah, puasa bagi sebagian orang bukan beban tapi sebuah kenikmatan tersendiri.


Gembira saat berbuka
Saat seseorang berpuasa, hal yang paling ditunggu adalah waktu berbuka. Bagaimana tidak gembira, setelah dilarang menjamah makanan dan minuman sejak subuh, ketika waktu berbuka tiba kita dihalalkan untuk makan, minum, dan melakukan hal-hal yang dilarang saat berpuasa. Bandingkan jika seseorang tidak puasa, tak ada kegembiraan yang ia dapat saat bedug tiba. Karena ia sudah merasakan makan dan minum pada siang hari.

Gembira saat bertemu dengan Allah
Kelak di hari akhirat seseorang yang rajin berpuasa akan berseri-seri wajahnya saat berjumpa dengan sang Rabb. Karena ia telah membawa pahala puasa sebagai ganjaran atas kesediaannya menahan diri dari hal-hal yang sebenarnya fitrah namun diharamkan saat berpuasa. Hal lain yang membahagiakan orang ini adalah ia dipersilakan oleh Allah masuk surga melewati pintu Ar-Royyan yang hanya bisa dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.

Semoga kita bisa merasakan kedua kebahagiaan tersebut. Satu kebahagiaan di dunia dan satu lainnya kebahagiaan saat di akhirat nanti.

#30HariNgeblogTemaRamadhan

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates