Friday, July 18, 2014

Buka Bersama Bray ...

Buka puasa bersama (bukber) merupakan agenda rutin yang selalu kuikuti pada Ramadhan setiap tahunnya. Ada bermacam-macam komunitas bukber yang kuikuti. Yang pertama dan terdekat, bukber bersama keluarga besar. Kakekku sebagai pemimpin keluarga besar biasanya akan mengundang kami, anak-anak dan cucunya untuk berbuka bersama di rumahnya setidaknya dua kali selama bulan Ramadhan.

Bukber biasanya juga kulakukan di Banjarbaru dengan teman-teman dekat di kampus, program studi, teman-teman seangkatan, plus juga organisasi yang kuikuti. Waktunya biasanya ada di awal-awal Ramadhan, ketika semua anak perantau masih menginjakkan kaki di Banjarbaru.


Selain itu juga ada bukber sekalian reuni dari alumni seangkatan SMP, SMA, dan organisasi pramuka. Karena komunitas ini berada di tempat asalku, biasanya diadakan minggu terakhir bulan Ramadhan untuk mengondisikan agar semua member sudah pulang kampung. Sehingga diharapkan semuanya bisa ikut.

Bukber ini punya cerita dilema tersendiri bagiku. Di sisi pertama seneng bisa ngumpul dengan teman-teman apalagi dengan yang jarang bertemu. Tapi sayangnya kalau datangnya agak mepet dengan waktu buka (karena biasanya gitu), waktu bertemunya jadi sebentar saja. Karena setelah berbuka, bergegas hendak shalat maghrib, isya, dan tarawih. Pahitnya lagi, untuk anak kost seperti aku, dengan komunitas segitu banyaknya dompet jadi bocor karena biasanya makan-makan di tempat elite yang harganya juga elite tanpa ada yang mentraktir ^^.


#30HariNgeblogTemaRamadhan

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates