Thursday, July 3, 2014

7 Cara Meredakan Stres ala Rindang

Suka stres? Aku sering. Haha. Nih, aku share beberapa cara yang biasanya ampuh untuk meredakan stres. Saat stres biasanya energi kita jadi lebih banyak, emosi kita juga labil. Sehingga memang harus disalurkan ke kegiatan-kegiatan yang positif. Jika tidak bisa kegiatan yang bernilai positif, setidaknya tidak berefek negatif lah.

1.                  Mencuci baju
Hah, mencuci baju? Beneran, mencuci baju. Aku sering lho kayak gini, saat stres kubawa mencuci baju. Kan lumayan, stres kita reda, tumpukan baju kotor pun menghilang. Hihi.

2.                  Karaoke
Idealnya sih karaokean bareng para sohib di tempat karaoke. Tapi kalau nggak juga masih banyak alternatif lain, yaitu karaoke sendiri di kamar mandi atau di kamar kost =D. Berteriak keras-keras kan merupakan salah satu metode untuk meluapkan kegundahan di hati. Nah kalau karaoke, “berteriak”nya pakai nada. Tapi jangan salahkan aku ya, kalau digedor sama teman sebelah karena dia merasa terganggu dengan suara cempreng kita. Wkwk.

3.                  Mendengarkan musik
Mendengarkan musik, menurut para ahli merupakan salah satu metode terapi jiwa yang bagus. Untuk jenis musiknya, sesuaikan selera. Kalau aku sih, mendengarkan lagu-lagu galau biasanya malah bikin moodku jadi bagus. Tidak tahu kenapa. Mungkin alam bawah sadarku berpikir bahwa ternyata ada banyak permasalahan orang lain yang lebih parah dari permasalahanku. Haha.

4.                  Menulis
Cara ini ampuh banget buatku. Menulis, menulis apa saja. Meski tidak terstruktur, meski serampangan. Terutama sih menulis tentang hal yang membuat aku galau. Perasaan menjadi jauh lebih lega setelah melakukan ini.

muslimproduktif.com

5.                  Jalan-jalan
Kemana saja. Saat stres biasanya aku tak sadar bisa melajukan motorku ke arah yang tak kuduga. Sekalian memenuhi hak mata, yang bosan melihat itu-itu saja saat rutinitas berlangsung.

6.                  Merubah letak barang-barang di kamar
Misalnya letak tempat tidur dijadikan dekat dengan rak buku, sehingga ketika akan tidur tinggal pilih mau ngambil buku apa saja (biasanya aku membaca buku dulu sebelum tidur). Atau pula misalnya, lemari dipindahkan ke sudut dekat pintu. Atau malah meletakkan meja tempat kita bekerja di bawah jendela. Lakukan sesuka hatimu saja. Asal ada yang berubah dari letak barang-barangmu di kamar.

7.                  Bersih-bersih rumah/kost

Cara ini intinya sama dengan cara yang pertama, menyalurkan energi dengan keuntungan dua sisi. Stres berkurang, kotoran menghilang. Hehe. 

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates