Monday, July 7, 2014

5 Makanan Pembuka Favorit Saat Buka Puasa

Aku hanya menulis “makanan pembuka” favoritku saat buka puasa di sini, karena biasanya untuk “makanan utama” aku suka semua yang tersedia. Asal mengenyangkan. Sedangkan makanan pembuka itu lebih ke menggiurkannya dan juga mungkin karena kekhasannya sehingga jarang ada di luar bulan Ramadhan.

Berikut, 5 makanan pembuka favoritku saat buka puasa:

1. Es Buah Timun Suri
Es buah ini hanya terdiri atas potongan-potongan buah timun suri yang ditambahkan gula atau susu, lalu dimasukkan ke dalam kulkas. Saat akan berbuka, es buah ini dikeluarkan dan sudah terdapat air dari gula atau susu yang meleleh. Sesuai namanya, es buah ini juga bisa ditambahkan es. Kalau aku sih biasanya tidak pakai es lagi karena sudah dingin dari kulkas dan agar rasa manis dari gula atau susu tidak berkurang.

asri78.blogspot.com

2. Roti Tawar Masak Santan
Aku tidak tahu nama “resmi” kudapan ini. Yang jelas, cara memasaknya adalah dengan memasukkan potongan pipih roti tawar ke dalam santan yang mendidih. Untuk pemanis bisa digunakan gula pasir atau gula aren. Dimakan saat panas-panas, duh enaknya. Kue ini adalah appetizer favoritku dan bapak kalau sedang di rumah.

arianimartini.wordpress.com

3. Lamang
Lamang adalah kudapan yang terbuat dari ketan dan dimasak dalam bambu, sehingga bentuknya menyerupai tabung bambu. Cara memakannya adalah dengan mencocolkannya ke sambal kacang yang biasanya digunakan sebagai bumbu sate.

www.kaskus.co.id

4. Kolak
Makanan ini sepertinya merupakan ikon makanan pembuka di bulan Ramadhan dan jarang ada yang tidak suka dengan makanan ini. Ada berbagai macam jenis kolak, aku sendiri paling suka dengan kolak pisang apalagi buatan mama. Ada juga kolak kentang, kolak labu, kolak nangka, ataupun campuran dari beberapa buah dan sayur tersebut. 

aldasalsabil.blogspot.com

5. Kue Amparan Tatak
Kue ini berwarna putih dan terdiri atas 2 bagian. Bagian bawah terbuat dari tepung beras, sedangkan bagian atasnya merupakan lemak santan. Di bagian atas ditambahkan potongan-potongan buah pisang atau nangka untuk memperkaya rasa. Yang tidak terlalu suka kue dengan rasa manis, kue ini bisa menjadi pilihan.

masakan-indonesiakita.blogspot.com

#30HariNgeblogTemaRamadhan

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates