Monday, July 7, 2014

10 Hal yang Menjadikanmu Pecundang

Judul : Kamu Bukan Bintang
Penulis : Ragil Romli
Penerbit : Indiva Media Kreasi
Tahun terbit : 2009
Buku dengan tebal 170 halaman ini bergenre motivasi dan pengembangan diri. Penulis, Ragil Romli, seperti yang kubaca di biodata merupakan orang yang memang tertarik dengan dunia pengembangan diri. Sesuai dengan isi buku yang berjudul Kamu Bukan Bintang Ini. Buku ini ditulis untuk orang-orang yang merasa dirinya pecundang, bukan bintang.

Banyak pesan dan makna yang bisa kita ambil dari buku ini. Dengan membaca buku ini seakan-akan kita telah membaca beberapa buku dengan tema pengembangan diri best seller karena semuanya dirangkum dengan cermat oleh penulis. Hanya saja cara penyampaian penulis dengan bahasa yang formal menurutku menjadi nilai minus.

Aku menghabiskan untuk membaca buku ini hampir seminggu, karena pusing duluan dengan bahasanya yang tinggi. Seandainya gaya bahasa yang diangkat penulis sedikit lebih ringan, tentu akan membuat buku ini semakin kece karena tema yang digarap juga cukup berat dan serius.

Ada beberapa cerita di buku ini yang memotivasi dan menginspirasi. Hanya saja pada cerita yang entah keberapa aku kecele karena kukira ceritanya sudah selesai tapi aku belum mendapatkan inti ceritanya. Jadi heran. Eh ternyata di belakang ada lanjutan ceritanya.

Bagian yang paling kusuka dari buku ini yaitu pada pengandaian waktu hidup menjadi waktu shalat dalam sehari semalam. Waktu-waktu tersebut adalah:
Lail (jam 1-3) : usia 3-9 tahun
Subuh (jam 4-5) : usia 12-16 tahun
Dhuha (jam 6-12) : usia 19-38 tahun
Dzuhur (jam 13-14) : usia 40-44 tahun
Asar   (jam 15-17) : usia 47-53 tahun
Maghrib (jam 18) : usia 56 tahun
Isya (jam 19-24) : usia 59-75 tahun

Misalnya sekarang aku berusia 22 tahun, berarti aku sedang memasuki waktu dhuha. Waktu dhuha sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu jam 6-8, jam 8-10, dan jam 10-12. Anggap saja aku sedang berada dalam waktu dhuha yang pertama, yaitu usia sekitar 19-25 tahun. Pada jam 6-8 pagi ini, orang-orang biasanya belum “berangkat” ke tempat aktivitas hingga jam 8 pagi. Namun bagi yang menyadari, mereka akan berangkat lebih pagi sebelum jam 8. Beberapa orang yang beruntung menikmati masa kuliah di waktu ini, sebagai aktivitas sebelum benar-benar “berangkat” ke dunia kerja. Namun bagi sebagian orang lain yang telah memperhitungkan, mereka sudah mulai “berangkat” dengan kerja keras untuk menuju ke “tempat kerja”.

Jadi apa 10 hal yang menjadikan kita pecundang? Inilah karakter-karakter pecundang yang harus kita hindari, yaitu berpikir gagal, bertindak asal, tak berani mengkhayal, berotak bebal, sering kesal dan merasa menyesal, berpihak netral, tak berkeinginan kekal, berperilaku nakal, bercita-cita dangkal, dan tak punya mental.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates