Sunday, June 29, 2014

Tips Agar Semangat Berpuasa

Tips-tips di bawah ini sudah teruji keampuhannya melalui pengalaman pribadiku selama bertahun-tahun *eaaa (maksudnya, selama menjalani Ramadhan setiap tahun). So, kali ini aku akan berbagi mengenai cara apa saja yang mampu membuatku selalu bersemangat berpuasa meski banyak godaan dan tantangannya. Check this out!

1. Berniat puasa untuk ibadah
Yup, yang paling pertama yang harus kamu lakukan agar selalu bersemangat berpuasa di bulan Ramadhan adalah niat yang bener. Tahu kan maksudnya niat yang bener? Yaitu niat berpuasa semata untuk ibadah karena Allah. Hey, keren nggak tuh? 

Nggak perlu tua untuk bersungguh-sungguh dalam beribadah. Dengan niat yang bener ini, inshaaallah kamu bakal tambah semangat puasanya. Tentu dong, karena kita berharap ridha dan pahala dari-Nya yang seabrek-abrek di bulan Ramadhan ini.

2. Mengingat keuntungan-keuntungan berpuasa
Selain baik secara agama, berpuasa juga mendatangkan keuntungan-keuntungan (baca: hikmah) lainnya lho. Diantaranya adalah membuat tubuh kita sehat dan kita tambah keren karena mampu mengendalikan nafsu. 

Tentang hikmah puasa, lebih banyak bisa dibaca disini. Nah, dengan mengingat keuntungan-keuntungan tersebut pasti dong kita jadi lebih semangat puasa. Hal ini sama kasusnya, ketika kita diiming-imingi ayah dibelikan sesuatu jika nilai sekolah kita bagus.

http://dzarrien.blogspot.com/

3. Membaca buku-buku tentang puasa
Banyak kan ya sekarang buku-buku yang bertema Ramadhan dan tentunya tentang puasa wajib di bulan penuh berkah ini. Paling tidak, kamu harus baca satu dari buku tersebut sebelum atau selama bulan Ramadahan ini. Dengan begitu, pemahaman kita menjadi lebih baik tentang puasa dan Ramadhan. Sehingga seharusnya kita tidak loyo lagi ketika harus berperang melawan nafsu di siang hari saat berpuasa.

4. Rencanakan aktivitas yang oke selama Ramadhan
Terutama yang bisa dikerjakan siang hari lho ya. Sehingga waktu puasamu tidak hanya dihabiskan dengan melototin jam dinding menunggu beduk maghrib atau tidur kelewat batas (ingat lho ya, yang benar itu “tidurnya orang berpuasa itu ibadah” bukan “ibadahnya orang berpuasa itu tidur”). Aktivitas ini misalnya silaturahmi ke rumah teman yang lama tidak bertemu, membaca buku, berlomba tilawah mengkhatamkan Al-Qur’an bersama sahabat, de el el.

5. Beri reward untuk diri sendiri
Nah jika selama sebulan penuh kita selalu bersemangat untuk puasa (tidak sekedar full berpuasa),  sebaiknya kita memberi penghargaan kepada diri kita sendiri. Terserah penghargaannya dalam bentuk apa. Misalnya, aku sedang pengen banget buku tetralogi A. Boleh dong sebelum atau setelah Idul Fitri nanti, aku membelinya untuk diri sendiri. Kita jadi seneng karena akan dapat reward, trus semangat berpuasa kita juga nambah.

Nah itu dia tips dariku supaya bersemangat menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Bagaimana denganmu, apakah ada tips selain yang kutuliskan di atas untuk mengobarkan api puasamu?

#30HariNgeblogTemaRamadhan

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates