Friday, June 27, 2014

Tiga Kelebihan Orang-orang yang Suka Membaca

Ada banyak sekali keuntungan yang didapat oleh orang-orang yang suka membaca. Tiga kelebihan di bawah merupakan hal-hal yang paling kurasakan sebagai efek dari hobiku nomor satu ini.

Lebih bijaksana
Serius, orang yang suka membaca biasanya lebih bijaksana. Aku tidak mengatakan ini setelah membaca jurnal penelitian dari siapa pun. Aku menulis ini karena dari hasil pengamatanku, orang-orang yang suka membaca diberi kelebihan berpikir dengan matang, menimbang sesuatu dengan cermat, dan berhatihati dalam membuat setiap keputusan.

Secara logika, hal ini bisa diterima. Karena dengan banyak membaca buku, seseorang akan banyak “mendengarkan” pemikiran orang lain, akan banyak menemukan berbagai kasus yang tidak ia alami sendiri, dan akan banyak melihat perhitungan-perhitungan cermat sebuah penyelesaian masalah. Bahkan dari buku fiksi sekali pun, unsur-unsur kebijaksanaan akan tetap terselip di sana. Sehingga secara tak sadar, seorang pembaca akan selalu belajar mengarifkan pikirannya dan meletakkan nilai-nilai kebijaksanaan tersebut dalam hatinya.



Ilmu terus bertambah
Ini juga tentu dapat diterima oleh akal sehat. Bagaimana tidak, karena setiap kita membaca sebuah buku, tentu akan ada sesuatu yang baru kita ketahui. Hal tersebut adalah ilmu. Sehingga secara tidak sadar, dengan membaca sejatinya kita terus belajar, terus menambah pundi-pundi ilmu pengetahuan kita.

Terhindar dari pekerjaan yang sia-sia
Kerentanan untuk melakukan hal yang sia-sia, terutama bagi remaja dan pra-dewasa, cukup besar. Oleh karena itu, dengan membaca kita telah menghindarkan diri dari kesia-siaan. Jelas, membaca jauh lebih baik daripada menonton drama korea yang menghabiskan setengah hari kita untuk menyelesaikan satu drama. Membaca juga lebih bermanfaat daripada nongkrong-nongkrong tanpa alasan. Pun, membaca lebih bagus daripada tidur melewati batas

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates