Tuesday, June 17, 2014

Inspirasi dalam Sebuah Buku

Judul : Transform Your Life
Penulis : Anton Kuswoyo
Penerbit : Pustaka Puitika
Tahun terbit : 2013
Sangat menginspirasi, itulah yang bisa kukatakan tentang buku ini. Transform Your Life merupakan sebuah buku motivasi yang menurutku sangat “berisi”. Buku ini terdiri atas dua bagian besar, yaitu yang pertama tentang bagaimana cara meraih sukses di waktu muda. Bagian ini memaparkan cara-cara dan motivasi mendapatkan ilmu dan menghindarkan diri dari perbuatan menghabiskan waktu dengan sia-sia saat muda. Bagian ini dilengkapi pula berbagai cerita motivasi yang diambil penulis dari internet. Aku paling termotivasi oleh tulisan yang berjudul “Merubah Rintangan Menjadi Peluang” dalam buku ini. 

Bagian kedua, berisi tentang bagaimana cara meraih cinta yang berbuah surga. Bagian kedua ini  khusus dipersembahkan penulis bagi yang jomblo namun sudah mempunyai calon (calon gebetan ataupun calon istri). Penulis lebih menekankan bagaimana cara menaklukkan hati wanita bagi pria dan agar sesegera mungkin si pria tersebut melamarnya. Tentang bagaimana menjadikan keluarga harmonis setelah menikah juga dibahas dalam buku ini. Terdapat beberapa do and dont’s yang perlu diperhatikan pasangan. 

Saratnya motivasi dan inspirasi dalam buku ini menurutku dikarenakan penulis memang menjalani sendiri apa yang disebut dengan perjuangan. Di dalam buku, beliau menuliskan berbagai rintangan yang menghalangi beliau untuk menuntut ilmu. Rintangan terbesar adalah biaya dan jarak. Beliau meladeni segala rintangan tersebut dengan usaha pantang menyerah disertai do’a. Terbukti, sekarang beliau sudah sukses untuk ukuran seorang anak desa di daerah transmigrasi pedalaman Kalimantan Tengah. Beliau berhasil sekolah hingga S2 dan kini menjadi dosen di salah satu politeknik negeri di Kalimantan Selatan.

Penulis sendiri, Anton Kuswoyo merupakan alumnus fakultas yang sama denganku. Fmipa Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan. Beliau jurusan Fisika, beberapa tahun di atasku. Di fakultas, beliau memang terkenal sebagai sumber inspirasi bagi adik tingkat dan mahasiswa kesayangan dosen-dosen karena kegigihan beliau dalam menuntut ilmu dan bekerja mencari uang untuk membiayai kuliahnya.

Dari segi bahasa, bahasa buku bergenre non-fiksi ini menurutku cukup mengalir. Tidak terlalu rumit, pilihan kata-katanya pun sederhana. Hanya saja, buku dengan tebal 160 halaman ini memiliki halaman dengan banyak kata-kata di dalamnya. Seandainya terdapat beberapa gambar sebagai ilustrasi di dalam buku ini, tentu akan lebih menyenangkan pembaca. Terkadang, membaca buku motivasi memang membosankan jika bukunya tidak dilengkapi dengan layout yang menarik mata.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates