Monday, June 23, 2014

Beberapa Makanan, Jamu, dan Kosmetik Berbahaya

Berikut ini adalah foto-foto yang aku ambil ketika berkunjung ke stand Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) saat Kalsel Expo tahun lalu.


Cek lagi ya makanan yang kamu makan, kosmetik yang kamu pakai, dan jamu yang kamu minum. Cermati. Jika di kemasannya terdapat nomor registrasi dengan format seperti foto di atas, maka makanan, kosmetik, atau jamu tersebut sudah terdaftar di BPOM dan artinya itu aman untuk dikonsumsi atau digunakan. Kalau tidak ada nomor registrasinya, lebih baik jangan digunakan.


Hayoo, siapa yang tidak tahu dengan Rhodamin B? Kalau di kampungku, biasanya disebut kesumba. Itu lho, pewarna makanan yang sering digunakan untuk kue atau kerupuk tradisional. Ternyata Rhodamin B, berbahaya lho. Baca deh di leaflet pada foto di atas.


Ada yang suka mengonsumsi jamu? Orang tuanya mungkin. Dilihat-lihat juga ya merk jamunya. Pada foto di atas, terlihat beberapa merk yang telah diuji di BPOM dan diputuskan untuk tidak boleh dikonsumsi.


Nah, kosmetik kamu juga perlu diwaspadai nih girl. Cek juga deh pada gambar di atas. Kali aja ada salah satu jenis dari produk kecantikanmu yang terpajang di sana. BPOM melarang semuanya beredar lho, karena zat-zat berbahaya yang dikandung kosmetik-kosmetik tersebut.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates