Monday, June 9, 2014

Agama Menyempurnakan Segalanya

Sering sekali aku membaca “ramalan” karakter berdasarkan bulan lahir, golongan darah, zodiak, tahun lahir, dan sebagainya. Dari beberapa yang disebutkan tersebut, hanya satu yang kupercaya, yaitu karakter berdasarkan golongan darah. Selain karena setelah aku membaca sifat yang tertulis di golongan darahku banyak cocoknya dengan sifatku, tapi juga karena kupikir ada peran faktor genetiknya juga. Mungkin.

Sekarang ada yang lebih canggih lagi di internet yaitu pembacaan karakter dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan. Aku juga percaya ini, karena jelas jawaban yang kita berikan pasti sesuai dengan karakter kita. Ada lagi pembagian karakter berdasarkan tipe otak, apakah sensing atau thinking. Aku juga percaya ini.


Permasalahannya adalah dari berbagai macam karakter yang dikategorikan oleh para ahli tersebut, tak ada satu pun yang sempurna. Semua karakter mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya ada yang pemalas namun kreatif, ada yang rajin namun kaku. Nobody is perfect memang benar

Namun sebagai manusia, usaha untuk mendekati kesempurnaan itu tetap penting dilakukan. Sempurna di mata Tuhan tentunya. Kalau di mata manusia, sempurna itu relatif. Tentang karakter alami dan usaha untuk menyempurnakannya, menurutku ketika individu memiliki pemahaman agama yang kuat, apapun jenis karakter dasarnya maka ia akan terlihat lebih perfect. Bahkan sampai tidak terlihat lagi karakter aslinya (yang jelek).

Misalnya orang yang mempunyai karakter malas, ketika ia memahami agamanya dengan baik maka ia akan segera mereduksi rasa malas tersebut. Begitu pula ketika orang yang tidak bisa mengendalikan diri ketika ajaran agama teraplikasi dalam hidupnya, maka ia akan terlihat sangat pandai menahan emosi. Kelebihannya menjadi maksimal dan kekurangannnya akan tereduksi.

Tidak mudah memang mengubah nature, sifat bawaan. Perlu latihan untuk menjadi ahli di segala bidang. Seribu jam pengulangan, itu rumus matematis. Ditambah dengan pancaran cahaya iman yang tulus dari dalam hati, semakin sempurnalah pribadi. Baiknya dapat, berkahnya dapat. Sebab itulah, agama menyempurnakan segalanya.

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates